philippine madrigal singers

udah lamaaaa bgt ga update blog…

udah lamaaaa bgt nggak nulis, termasuk nulis pengalaman nonton konser. banyak konser paduan suara yg gw tonton, dan gw males nulis, karena emang males nulis, dan kadang opini pribadi gw sangat subjektif dan ofensif sehingga mengganggu beberapa pihak…

tapi untuk yang satu ini, harus gw tulis

Philippine Madrigal Singers – Indonesia Goodwill Concert Tour 2010

buat yang belom pernah denger, Philippine Madrigal Singers atau bekennya disebut The Madz, adalah sebuah paduan suara madrigal dari filipina

pembaca blog ini : does it even explain anything ?

gw : hihihihi, itu cuman terjemahan ya? oke gw coba lagi deh

the madz didirikan tahun 1963 oleh Profesor Andrea Veneracion. seinget gw awalnya the madz adalah sebuah paduan suara universitas, seiring waktu (dan prestasi tentunya) sekarang jadi paduan suara profesional..

pembaca blog ini : Apa sih yang membedakan mereka dari choir yang lain?

gw : apa ya?

mereka selalu nyanyi duduk melingkar.. yak bener, duduk, bukan berdiri. kebayang kan? nyanyi berdiri aja suka susah, sedangkan mereka nyanyi sambil duduk dan suaranya menggelegar banget…

posisi nyanyi duduk melingkar ini, seinget yg pernah gw baca, terinspirasi dari jaman Reinassance, ketika orang2 jaman itu duduk berkumpul, lalu nyanyi2.

dengan gaya nyanyi ini pula, the madz bernyanyi tanpa conductor. Mark Anthony Carpio, sang choirmasternya , duduk di ujung, tapi nggak pake tangan naik turun seperti conductor, aba2 nya seperti lebih ke arah facial expression dari sang choirmaster. dan sepengamatan gw nggak pernah pake partitur, keren dah

yang bikin the madz ini makin terkenal adalah, mereka menjadi paduan suara pertama di dunia yang menjuarai European Grand Prix for Choral Singing 2 kali.

fyi, untuk bisa masuk sebagai peserta European Grand Prix for Choral Singing, sebuah choir harus memenangkan Grand Prize dari salah satu dari 6 kompetisi paduan suara bergengsi di Eropa yaitu International Guido d’Arezzo Polyphonic Contest (Italy), Bela Bartok International Choir Competition (Hungary), International Choral Competition Maribor (Slovenia), Tolosa Choral Competition (Spain), Tours Vocal Competition (France), dan International May Choir Competition (Bulgaria). jadi kalo sudah menang grand prize dari salah satu kompetisi ini, baru berkesempatan untuk ikut Europe Grand Prix tahun berikutnya…

di Indonesia, setahu gw belum ada yg bisa tembus ke Europe Grand Prix for Choral Singing, mudah2an deh… tahun2 depan ada yg bisa lolos ke sana, gw doain.. *ayo semangat!!!!

mengenai konser yg gw tonton kemarin, gw excited banget, panitia FPS ITB dan IIC 2010 mengundang the madz sebagai guest performer dalam acara mereka…

gw dah sering bgt terbengong2 di depan komputer nonton video mereka di youtube, atau denger mp3-nya, dan gw akhirnya bisa nonton mereka langsung…

konsernya diselenggarakan di beberapa kota, yaitu bandung (barengan sama event nya ITB), yogyakarta, surabaya dan jakarta, barengan sama choral clinic yang diselenggarakan sebelumnya di hari yang sama.

pembaca blog ini : trus konsernya sendiri gimana ?

bagus BANGETTTTT,

dari pertama mereka masuk ruangan, gw udah merinding (kalo yg ini subjektif bgt ya, secara nyanyi aja belom).. mungkin karena selama ini sosok2 yang gw lihat hanya dari youtube berseliweran satu ruangan sama gw, apalagi mereka pake kostum yang mereka pake waktu GPE 2007, yang daripada yg mana sering gw tonton video nya.. ahhhhhh

seumur hidup gw nonton konser, ini yang paling bagus. perpaduan antara  teknik vokal yang sempurna, blending sempurna,  aransemen oke, dinamika oke,  sense of humor, semuanya deh

teknik vokal mereka gw rasa cukup sukses bikin penonton ternganga, suara mereka sudah terdevelop sedemikian canggih sampe seperti alat musik. not satu per berapa pun bisa dinyanyiin lincah & rapi. not setinggi apapun juga kayaknya tinggal di kasih aja tulisan fff ato ppp langsung dinamiknya jadi. mau dikasih fermata, ditahan sampe besok juga  kayak ga ada problem sepertinya buat mereka (oke yg ini lebay)… pokoknya virtuous bgt

suara mereka seperti alat yang tinggal disetel aja. salah satu yang bikin temen2 gw dan (mungkin) beberapa penonton lain semakin kagum, misalnya  ketika salah satu sopran menjadi solis untuk lagu sempurna-nya gita gutawa…..  merdu, bulat, nggak ada desah seperti penyanyi aslinya (hihihi), lalu di lagu berikutnya (circle of life – ost the lion king) tiba2 sang solis mengeluarkan suara menggeram, kontras bgt pokoknya, mantep

dan kemampuan masing2 choristernya merata. mungkin ada yang pernah nonton konser paduan suara yang bagus, dengan solis yang mumpuni, tapi tiap kali ada bagian solo, dia lagi dia lagi.

beda dengan madz, hampir semuanya kebagian solo.. dan semuanya bagus. mengutip kata2 seorang temen, koralis tapi juga solois..

lagu2 yang dibawakan cukup bervariasi menurut gw. dibuka dengan o magnum mysterium dari javier busto yang sukses bikin gw merinding, sampe lisoi (folksong batak), dan yang legendaris (buat gw) circle of life yang tiruan suara2 binatangnya bagus bgt..

yang paling gw seneng adalah keramahan dari para personil the madz sendiri.

selesai konser,dengan ramahnya, mereka mau menyapa audience di luar, ngobrol, foto bareng, haha hihi dll dll

nggak salah emang kata sambutan dari penyelenggara yang bilang, Philippine madrigal singers bukan hanya memberikan contoh tingkat artistik tinggi  dan komitmen kepada musik yang tinggi tapi juga kerendahan hati.

pembaca blog : biasanya komen nya negatif, ada yang lu nggak suka dari konser ini nggak ?

hampir nggak ada, semuanya nyaris sempurna. yg bikin kurang sempurna adalah para usher yang selalu ngingetin penonton untuk nggak merekam konsernya. its okay lah, emang udah tugas mereka sih. cuman sebel aja kadang2 mereka berdiri nutupin, kadang2 mereka ngarahin senter ke muka orang yang mereka kira sedang merekam konser. dan itu kadang mengganggu..

The Madz, applauded by the audiences as they entered the room. As you can see, darth vader (a.k.a. the usher) is standing on the left side, blocking the view

so humble aren't they, considering they are the rock star of choral singing

gw : you guys are so amazing, i watch your videos on youtube almost everyday, the concert is like a dream to me.. | mbak2 madz : owww, everyday??? thank you..... *merentangkan tangan, meluk, tempel pipi | gw : *yipiiieee | abis itu foto bareng deh

kesimpulan

kesimpulan#1 B.A.G.U.S.  B.G.T.T.T.T.T.T.T.T….., kinda speechless here

pembaca blog ini : emang sebagus apa sih?

gw : bayangkan kalo nonton konser yang agak klasik, yg diselenggarakan di sebuah gedung kesenian, orang2 tampil rapi, dihadiri orang2 penting seperti duta besar, pianis dunia seperti Ananda Sukarlan, di mana penonton nya hanya boleh memberikan applause setelah lagu selesai. tapi ini saking the madz nya ngeROCK abis, penonton pada standing applause, teriak2 we want more terus2an…

kesimpulan#2 filipina mungkin sudah lebih dulu ‘mengenal’ seni paduan suara dibanding indonesia, tapi suatu hari pasti ada choir indonesia yg bisa seperti mereka…  tahun 2010 ini, PSM Unpar juara di Llangolen Eistedfodd,  psm maranatha juara di Spittal, dan masih ada lagi beberapa, gw lupa.. *maap.      intinya, choir indonesia sedang menuju ke sana, so semangat buat choir2 indonesia, maju terus!!!!

kesimpulan#3 panitia nya keren… terimakasih buat mbak shelty yang udah handle reservasi gw, buat panitia yg udah terlibat, terutama buat panitia FPS ITB dan IIC 2010 yang sudah meng-organize gala concert ini, BRAVO, untuk yang berikutnya, datengin University of Santo Tomas Singers ya…    ^^

PS : kira2 kek gini yang kemaren gw tonton..

philippine madrigal singers. foto dari kompas cetak

review konser ini bisa juga dilihat di kompas cetak atau di blog mikebm

UPDATE sept 9 2010

nemu video konsernya di youtube… hore, ada yang sembunyi2 merekam konsernya. thanks to billnahuway yang udah ngerekam dan upload.. silakan dilihat. tapi yang tercapture di video nya menurut gw ga ada separo dari gelegar yg didenger pas konser. but its worth to watch

gw suka lagu ini. kalo ga salah dari opera nya yanni. ini dibawain pas encore. nonton sampe selesai deh, duet nya maut bgt, eksekusi nya perfect

2 thoughts on “philippine madrigal singers

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s