yg tersisa di otak setelah ujian

gw : “my devoted readers sekalian, siapa yang udah kangen bgt ama blog ini, angkat tangannya….”

pembaca blog : *satu persatu mengangkat tangan, yang basah ketek cukup melambai lalu menunjuk hidungnya sendiri

gw : “bagusss, gw juga kangen… siapa yang penasaran dengan update cerita2 terbaru dari rerere.. angkat tangannya….”

pembaca blog : *kali ini tanpa malu2, “SAYA!!! SAYA !!! pick me rerere, pick me!!!”

gw : “bagus… siapa yang mau komen pertamax??”

pembaca blog : *makin liar, SAYA SAYA SAYA!!!

gw : “bagus, bagus, semuanya antusias… kalo gitu mari kita mulai postingan kali ini”

pembaca blog :  “HOREEEE…” *bertepuk tangan bahagia di depan komputer masing2.

 

yups, udah lama rasanya nggak bener2 cerita di blog. sebenernya banyak bgt yang mau ditulis. semuanya cuman jadi draft, belom selesai, makanya nggak dipublish. setiap mau posting yang baru rasanya ada aja yang menghalangi, ya tugas banyak, PR, ujian, telpon dari OC tertentu yang cuman dobel klik aja mesti gw yang jalanin, dsb dsb… 

gw baru aja selesai UTS. kesibukan semester ini bikin kangen ngeblog. semester kemaren kayaknya tugas ga banyak2 amat, kuis juga jarang. sementara semester ini,bikin gw tiap hari di kantor harus bagi waktu untuk bikin tugas dan ngerjain kerjaan.

Ujian kemaren, haduh, ga jelas deh. tapi gw lega karena udah lewat.

speakin of ujian, udah berpuluh2 ujian gw jalani dari jaman sekolah dulu, kuliah, ampe sekarang kuliah sambil kerja. semuanya pasti punya kesan masing2.

gw paling seneng kalo bisa gangguin orang yang detik2 terakhir sebelom ujian masih belajar. gw juga paling suka bikin orang panik ato mentalnya down pas ujian. tapi sayangnya kebanyakan nggak ngefek…

berikut adalah cara2 menjatohkan mental temen2 pas ujian (menurut gw tentunya):

pura2 ngumpulin tugas. kadang2 ada dosen yang ngasih tugas kayak makalah ato apalah, untuk dikumpulin pas ujian. supaya berhasil, koordinasi dengan 2 ato 3 temen kalian untuk pura2 ngumpulin tugas di elu, sambil minta ke yang lain yang belom kumpulin tugas untuk ngumpulin. yang lain pasti panik karena ngerasa nggak tau ada tugas yg harus dikumpulin

diskusi keras2 sebelom ujian dan tunjukkan kalo kalian menguasai materi. (tapi ini tidak baik untuk dilakukan, karena yang ada malah kualat, ujian ga bisa, hihihi)

– untuk ujian yang hitungan, misalnya akuntansi, pencet kalkulator secepat dan sekeras mungkin, sampe bunyinya bikin temen2 sebelah kalian nengok ke kalian. pada saat orang2 nengok ke kalian, itulah saatnya kalian berhenti mencet2 kalkulator, lalu tersenyum pada kalkulator, sambil bergumam “ah, balance!!!!” lalu dilanjutkan dengan gerakan sigap menuliskan jawaban di lembar jawaban.

– selalu minta lembar jawaban tambahan. show your friends that 1 sheet of paper is not enough for what you have in your brain. semakin sulit soal ujiannya,  dan semakin banyak temen2 yang bengong saat ngerjain soal ujian, semakin besar atensi yg kalian dapatkan saat minta kertas tambahan. kalo bisa jadi yang pertama minta kertas tambahan. tapi jangan terlalu cepet minta kertas tambahan, karena nanti dikira kertas yang pertama salah, dan males ngapus, sehingga minta kertas baru.

– kalo minta lembar jawaban tambahan dirasa kurang efektif, mintalah soal tambahan. 

– kalo udah selesai ujiannya, jangan pernah keluar ruangan terlalu cepet, nanti disangka orang frustrasi karena ujiannya blank. atur timing yang tepat, yaitu ketika sebagian orang sudah selesai menjawab soal2 yang mereka bisa, dan sedang terbengong2 mencari inspirasi untuk soal2 yang mereka skip karena ga bisa.

– kalo peraturannya ga boleh ninggalin ruangan ujian sampe waktunya habis, bertanyalah pada pengawas, waktu nya berapa menit lagi… jawaban dari pengawas ujian harus segera dijawab dengan keluhan seperti “duh, masih lama bgt ya..” 

– pasang wajah yang sumringah setelah ujian. kalo ada yang nanya gimana ujian kalian barusan, jawablah dengan sok merendah, sehingga kesannya kalian emang bener2 bisa, tapi ga mau show off, hihihihihi 

 

 

duh tips2 ini penting banget yaaa…

share your experience!!!!

30 thoughts on “yg tersisa di otak setelah ujian

  1. ehm..jd gitu ya Re Trik-mu
    Hope i’ll never have the same room with you on the next test
    amin..amin…ya robbal’alamin

  2. astajim.. gw gak pernah melakukan itu semua..

    gw kan anak baik.. jadi ngapain pake gangguin orang segala..

    wekekekekkeek…

    btw re.. lu lama amat gak update..

    pasti otak lu ketinggalan di monas yah?

    jadi gak bisa nyelesaian postingan lu..

    huehuehue

  3. heheheheh……bisa aja lo re……..sepertinya trik2 ujian waktu di sma ma distan dah disempurnain ma lo……….

  4. aduh gw sih panikan,,jd ga mungkin jd si pembuat panik. yg ada gw nya yg kena sindrom ujian (sakit perut menjelang ujian) :p

    duh salut deh sm yg suka bikin panik,apalagi sm yg minta soal tambahan. waaawwwww *4 thumbs up*

  5. sebelum ujian, lu tunjukin aja soal2 yang lu punya sebanyak2nya, sekalian tunjukin coretan2 gak jelas dan panjang yg lo buat, trus lo bilang dah, kata temen lo di kelas sebelah soal kayak gini yang bakalan keluar..

  6. wew… kalo begitu jangan dekat2 ma rerere ah kalo mau ada apa gitu kan, drpd tar mental kita digangguin, tapi sebenarnya yg gini2 gak ngefek2 bgt mestinya, karena kalo udah lapang ma hasil ujian ndiri, y udala.. perkara nilai orang laen lebih besar tu emag rejeki dia, hehehe..

  7. “untuk ujian yang hitungan, misalnya akuntansi, pencet kalkulator secepat dan sekeras mungkin, sampe bunyinya bikin temen2 sebelah kalian nengok ke kalian.”
    hahahahhaha.. ini gw bangeeeet.. dolo jaman d3, gw selalu bawa kalkulator gede cam pedagang cabe di pasar, trus bunyi kletok2 kalo dipencet… jaggaga… trus pernah suatu ketika bawa jam beker ke kelas pas ujiaan… wuahahaha.. kalo sekarang ga bisa kek gitu lagi re. abis udah jiper duluan ama temen sekelas. terutama yang d4 dapet voucher…

  8. Uda lama gak mampir disini…..
    Tips nya bener saya pake bung.
    Bukan tambah jatuhin mental, malah diketawain.
    Komen-nya sih, “Ah, kamu nambah kertas jawaban kan buat gambar. Ya tho? HUff….”.

  9. Aku suka caranya!
    Praktek segera dan doain biar kagak kualateparesahancur. Hehe.
    Kecuali yg nambah soal, guru d sekolah ntar malah makin antusias. Ntar akunya yang gugur di medan ujian. *tengteneeeng. tengtenoneeeeng*

    Salam kenal teteh!😄
    SALAM JAIPONGAN!🙂

  10. Wowowow? Kok jadi teteh ya?
    Ahahahaha. Lagi2 salah ketik. Ck ck ck.
    Kmarin2 blg yg “teteh-teteh” jadi “om”, skrg yg “akang-akang” jadi “teteh”.
    RALAT SEBELUM KUALAT AKH. Ahahahahahahahahahaha.

  11. wahahaha.. sumpah gokil abis… gila yaa gw bakal praktekin nanti kalo ada ujian lagi hahaha.. itu yang akuntansi tuh ahha… sotoy banget keliatannya yaa ahahahha

  12. –br mampir lagi ternyata blm ada postingan baru–

    sok sibuk lu re ga posting2 lagi

    @SKAH >> iyaaaa jenk…daku ingat sekali kebiasaanmu yg itu!
    bawa kalkulator tukang cabe sm jam weker ke ruang ujian
    jiaaahhhh…

    huakakakakakakkkk

  13. ya ya ya..
    tips and trik lo bisa aja berlaku selama lo gak kuliah di STAN
    karena mental anak STAN jauh lebih kuat, apalagi anak-anak D-Iv yang pake matrikulasi😛

Leave a Reply

