a true choral highlights

my devoted readers, jumpa lagi dengan saya dalam concert review.

setelah berminggu2 berlalu tanpa nonton konser, kerinduan mata, telinga gw dan otak gw sudah sangat membuncah menunggu untuk dipuaskan.

sebenernya sih baru minggu kemaren nonton konser, cuma karena yang ditonton programnya sama persis dengan konser yang ini (cuma beda kemasan aja), maka ga masuk itungan gw ah.

kali ini gw nonton precompetition concertnya PSM Universitas Katolik Parahyangan, bandung dengan judul konser CHORAL HIGHLIGHTS. yeah, memasuki bulan2 gini emang sepertinya banyak paduan suara yang menggelar Precompetition Concert sebelum kepergian mereka ke eropa sanah… sayangnya ada beberapa yg batal menggelar konsernya di jakarta, dan gw juga cuma sempet nonton yg ini.

dari judul konsernya, gw langsung berpikir, wah pasti keren nih, karena menurut gw pasti mereka akan membawakan lagu2 dari berbagai era dan jenis musik. begitu gw duduk di kursi gw dan membuka buku acaranya, gw langsung semangat. WAAAW, bener dugaan gw. komposisinya bervariasi dan nggak ada yang mbosenin.

it was a lover and his lass karya john rutter sebagai pembukaan lagu membuat gw semakin semangat. jarang2 ada konser yang langsung dibuka dengan lagu ceria gini. lalu dilanjutkan dengan steal away yang solisnya dia lagi dia lagi.. tapi gw tetep suka kok.

babak pertama ditutup dengan ave maria karya ivan yohan (yang if i’m not mistaken juga ikutan nyanyi di tenor). actually, this is one of my favorite song. karena gw terbiasa melihat lagu ini dinyanyikan PSM maranatha, maka ketika lagu ini dinyanyikan, menurut gw semuanya keren kecuali solo soprannya. kayaknya kayak kurang mengalahkan choirnya aja.

babak pertama menurut gw cukup memukau, karena berhasil menunjukkan keragaman repertoir PSM Unpar mulai dari Jazz, sampai Mendelssohn.

babak kedua full dengan Folklore Indonesia. ugh, i just love watching folklore.

babak kedua dimulai dengan lagu tradisional banyuwangi luk luk lumbu lengkap dengan dance nya. karena lagu ini juga udah stok lama, menurut gw nothing special. lalu ada juga lagu marencong2 dari bugis dengan dance nya yang indah.

PSM Unpar in Italy

a new maestro is on the making

ya, yang paling gw suka dari konser ini adalah penampilan solo dari sang ketua PSM unpar sendiri, Satriya Khrisna. bubuy bulan-salah satu lagu yang dibawakan dalam konser ini-diaransemen oleh satriya khrisna.

gw pertama kali denger aransemen lagu ini di KPS unpar 2007 yg dibawakan Oleh PSM Maranatha. dibanding dengan yang dibawakan oleh PSM maranatha, interpretasi unpar untuk lagu ini sepertinya sedikit berbeda. menurut gw unpar memilih untuk tidak terlalu mengkontraskan dinamika di bagian forte dan piano nya.

back to satriya khrisna, i think he has such a big talent in choral singing and making song arrangements. maju terus satriya khrisna!!!

konser ditutup dengan lagu yamko rambe yamko dengan aransemen yang gw belom pernah denger. intro lagu dari dua orang solois yang berpencar diantara penonton berhasil membangun atmosfer hutan tropis di papua. dinamika lagu dan dance yang keren menjadi puncak pertunjukan virtuositas PSM unpar malem itu.

akhirnya konser resmi berakhir setelah PSM unpar membawakan Saman Dance sebagai encore.

beberapa temen gw kurang puas karena menurut mereka sepertinya folklore indonesia tidak akan lengkap tanpa lagu janger. tapi terlepas dari beberapa lagu yang stok lama, gw puas

pembaca blog : emangnya apa yg salah sih kalo stok lama?

gw : ya gapapa juga sih, cuman kayaknya seperti lagu luk luk lumbu itu udah rada bosen deh. ntar kesannya folksong dari indonesia itu2 aja

pembaca blog : halah, sok ngerti lu re !! lu kan cuman ikutan paduan suara pinggiran…

gw : eh sembarangan, waktu itu gw pernah diajakin ikutan choir yg mau ikutan asian choir games ya, tapi gw aja yg ga mau soalnya mereka kurang keren nyanyinya. terbukti pas result mereka cuman dapet bronze tapi sekarang gw nyesel… untuk persiapan world choir olympic di graz mereka datengin pelatih keren, dan gw disuruh ikutan lagi..

pembaca blog : trus kenapa ga ikutan aja?

gw : huuu, it would costs me us$ 2,500 and i hate to admit that i cant afford it. mesti bayar kuliah, bayar cicilan ini itu, nyumbang adek gw, dll dll

pembaca blog : cup cup cup.. yaudahlah gapapa, lagian juga kalo lu ikutan, belom tentu lu bisa ngimbangin kemampuan chorister yg lain, yg ada lu malah ngerusak choir nya…

gw : iya juga sih, hihihi

kesimpulan konser ini
BAGOOOOOS !!!!!!!! one of the best concert i watched this year. selamat jalan buat PSM Unpar dan ketuanya yg talented, maju terus, semoga sukses, harumkan nama indonesia di eropa sanah, and i believe you guys will make us proud of having psm unpar as one of the best choir in this country as the way filipinos proud of their phillipine madrigal singers.
selamat juga buat sang music director, avip priatna yg berhasil menyuguhkan musik keren dengan olah vokal yg keren pula. tapi teteuup, gw ga akan lupa konser resonanz children choir nya avip priatna yg ini, hehehe…

referensi

10 thoughts on “a true choral highlights

  1. yuuup.. konser terbaik tahun 2008
    yamko nya mantap tenan..
    ave marianya asoy…

    hahaha…

    salam kenal yaa, saya yofi..
    saya main disini yuaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s