annoying yet entertaining

huh pagi ini tol dari jatibening ampe cawang macet bgt dan nyaris ga bergerak. gw udah bete aja di bis. ketinggalan bis langganan, jadi naik bis biasa yg berdiri. padahal bawaan agak berat dan udah nyiapin buku buat dibaca di jalan….

seperti biasa, kalo macet dan posisi nggak pewe, hanya bengonglah yang bisa dilakukan karena males ngeluarin player mp3 ato ngeluarin hp buat chatting. bengong di jalan biasanya memberikan sumber inspirasi buat gw. seperti inspirasi tulisan kali ini.

berdasarkan pengalaman beberapa tahun terakhir menjadi pelaju yang menikmati macetnya jakarta di atas bis, gw akan mengklasifikasi aneka penumpang yang selama ini gw temui. tapi yang akan gw bahas tipe2 yang nyebelin aja.

buat anda2 yang sering naik bis, coba simak, who knows kalian masuk salah satu kategori…

here they are….

1. neneng2 fashionista

neneng2 fashionista biasanya bagaikan obat tetes mata yg diteteskan pada mata yang kebanyakan kena asep. cling aja gitu. belom lagi kalo dia di samping kita, dada akan berdesir2 menghirup aroma klenyer2 dari parfum si neneng. tapi akan nyebelin (sebenernya lucu deng, bukan nyebelin) kalo dia di sebelah kita, udah gitu dikit2 sisiran. its just weird. baru naik bis, duduk di sebelah kita, bukannya keluarin ongkos malah ngeluarin sisir. begitu kondektur bis memberikan sinyal2 sampe di tujuan, si neneng akan ngeluarin sisir lagi, padahal begitu turun rambutnya langsung awut2an lagi kena angin. taruhan yuk, begitu sampe kantor pasti sisiran lagi.

itu baru sisir loo, belom lagi neneng fashionista yang pada pake hipster. tiap mau duduk, bediri, ato jalan, pasti salah satu tangannya nurun2in kaos/kemeja nya supaya pinggulnya nggak ngintip. tapi ini juga lucu sih, belom masuk kategori nyebelin. hehe

nyebelin-o-meter : 0 dari 5

ada mereka ya sukuur, ga ada juga gapapa, tapi mata sepet juga kalo mereka ga ada. hehehe

2. mamang2 yg ngeludah di lantai bis

uh, jijik, thats all. mau mamang2 kantoran, mamang2 terminal, mamang2 metroseksual, mamang2 yg masih kuliah kek, uh jijik. lebih sebel lagi kalo neneng2 yang ngeludah di lantai bis. buyar deh semua aura kecantikannya…

nyebelin-o-meter : 3 dari 5

sebenernya sih ga terlalu nyebelin, cuma gw begitu tau mereka meludah, gw yg jijik, malah ngeliat ludahnya terus. gw lempar pandangan, lalu beberapa saat kemudian pasti gw liatin lagi. UUUHH, whats wrong with me??? sandra dewi…… HELP me, cuma kamu yg bisa mengalihkan pandanganku !!!!

3. bad smelled people.

terinspirasi dari postingan temen gw ini, emang yang namanya deket2 orang bau badan itu beneran ga ngenakin, esp kalo kita ada di deketnya.

pembaca blog ini : “mungkin karena itu lu selalu sendirian re…”

gw : “masa sih, gw kan udah pake bedak BB Harum S*ri, cewek2 nempeeeel kayak perangko”

pembaca blog ini : *menatap nanar

gw : *tersadar, itu joke udah basi bgt.. maap

no comment deh buat orang2 di kategori ini. mending cari cara escape secara halus aja deh.

nyebelin-o-meter : 4 dari 5

makin nyesel lagi kalo lu ga punya something buat mengcounter serangan aroma orang tadi..

4. orang2 yang merasa punya priviledge

gw pernah dua kali ketemu oknum-oknum yang merasa mereka punya cukup kuasa untuk nggak bayar ongkos bis.

oknum#1

pernah gak kita naik bis, terus si sopirnya ga mau nerusin perjalanannya, lalu kita dioper ke bis berikutnya yang dibelakang. jadi di bis gw ada penumpang yang baru aja dioper dari bis sebelumnya. begitu ditagih ongkosnya, si mamang dan temen2nya ini ngotot ga mau bayar karena di bis sebelumnya udah bayar. ya masih wajar sih. tapi yang nyebelinnya mamang itu ngomong gini :

oknum#1 : masa saya bayar lagi, kan tadi udah bayar, lagi kenapa di oper2 sih?

kondektur : “ya terus gimana dong, masa saya rugi, 3 orang lagi…”

oknum#1 : “ya jangan gitu caranya dong, saya bukan masalah duitnya, tapi jangan gitu caranya”

kondektur : “ya udah deh, bayar dua orang aja”

oknum#1 : “nggak bisa dong, saya bukan masalah duitnya. jangan macem2, saya orang perhubungan loo”

gw : (dalem hati) SO WHAT GITU LOOOOOOOO? (jaman itu masih ngetrend ngomong so what gitu lo, hihi)

akhirnya mereka ga jadi bayar dan si kondektur cuman misuh2 aja. lucu ya, kalo bukan masalah duitnya ya kenapa nggak bayar aja. sambil komplain juga gapapa kan. ini bilangnya nggak masalah ama duit, tapi ga mau bayar, plus pake sok2an jual2 nama instansi gitu..

nyebelin-o-meter : 4 dari 5

kesel sih pas ngedenger kata2nya. adek gw juga denger dan sebel bgt.

masih ada lagi nih satu lagi oknum yang merasa punya privilege

oknum#2

oknum#2 ini masih muda, memakai baju hijau ala militer gitu deh, tapi ditutupin jaket. duduk di sebelah oknum ini, cewek (sepertinya pacarnya, karena gandengan mulu) memakai baju kayak baju pegawai pemda tapi warna putih (ga tau instansi apa) dengan bros lambang korpri tersemat di dadanya.

gw aneh aja, sepertinya si kondektur udah tau kalo orang2 seperti ini emang biasa nggak bayar kalo naik bis, kentara banget dari interaksi mereka:

kondektur : *mbungkuk dikit, “boss, maap nih boss, ongkosnya…”

oknum#2 : * diem aja ga bergeming, kayak ga ada yg ngomong

gw : *dalem hati “sejak kapan kondektur ngomongnya pake maap2an ?”

kondektur : “ya maap boss, kita ngejar setoran nih, bla bla”

oknum#2 : *tetep seperti ga ada yg ngomong

gw : *geleng2 kepala

kondektur : “maap boss, kalo gitu bayar satu orang aja bla bla bla..”

oknum#2 : *masih tetep, seolah ga ada yg ngomong

(beberapa detik momen hening yg canggung)

ceweknya oknum#2 : (ga kedengeran ngomong apa ke oknum#2, tapi sepertinya membujuk oknum#2 supaya mau bayar ongkos)

oknum#2 : *ngeluarin uang Rp 5000an dengan ogah2an.

kondektur : “maap ya…”

ih…. malu2 in banget nggak sih? ada pacarnya aja nggak mau bayar ongkos bis. cuman ngandelin atribut militernya doang. sejak kapan pula gemerincing suara koin di tangan kondektur berganti dengan kata maaf untuk narikin ongkos?

nyebelin-o-meter : 5 dari 5

sebenernya saat itu gw, yg ga kebagian tempat duduk, yg berdiri persis di depan oknum#2 ingin mempermalukan oknum#2 dengan bilang ke kondekturnya gw akan bayarin ongkosnya karena gw kasihan akan si kondektur yg kejar setoran. cuma itu kelihatan sepeti menabuh genderang perang dengan oknum#2, apalagi gw kan cinta damai a.k.a. penakut anti kekerasan, jadi ya gw diem aja.. hehe

pembaca blog ini : *nimpuk botol aqua, “huuuuuu…. mana visi misi lu sebagai terang dunia?

gw : “maap…”

5. si tukang pamer

ini nih… ciri2nya biasanya (yang sering gw sering gw lihat) laki2 dengan kecenderungan usia kira2 akhir 20 atau awal 30. alat yg biasanya dipamerin : henpon segede tempat pensil yang bisa dibuka kayak leptop, ato pda layar lebar yg mencetnya mesti pake tusuk gigi.

pernah nih ada mamang2 sesuai ciri2 di atas, duduk di dalem bis, sibuuuuuk bgt mencet2 PDA nya. kirain ada kerjaan kantor yg harus di email ato apalah. tau nya cuman main solitaire.

udah gitu, nampaknya si mamang tukang pamer ini nggak puas kalo yang lihat kecanggihan PDA nya cuman orang yg duduk di kiri dan kanannya. akhirnya dia main game dengan posisi tangan menggenggam PDA di atas sandaran kursi di depan si mamang. PDA nya diangkat setinggi sandaran kursi itu. nampaknya supaya orang2 di belakangnya dan semua penumpang yg berdiri (salah satunya gw) bisa lihat kecanggihan PDA nya…

bosan main solitaire, si mamang ganti ke mainan sejuta umat lainnya, Bounce.😀

tak lama kemudian PDA si mamang berdering. wah, kayaknya dia puas banget ada yg nelpon. seolah berkata pada para penumpang

“tuh, canggih kan? komputer aja bisa buat main bounce tapi ga bisa buat nelpon. ini bisa dua duanya loooh”

hiihhiihihi

nyebelin-o-meter : 2 dari 5

ga gitu bikin sebel sih, tapi noraknya itu looo, ga ada yg ngalahin..

6. tukang nelpon keras2

males ga sih kalo ada orang nelpon keras2 banget. yang nelpon duduk di ujung belakang, yang di depan ampe denger. tapi berhubung bokap gw juga tipe seperti ini nggak gw bahas lebih lanjut ah… hehehe, takut kualat.

nyebelin-o-meter : no rating. hehehe

my devoted readers, itulah tadi beberapa tipe orang nyebelin yang sering gw temui dalam bis. untungnya walopun nyebelin, kadang ada sisi yang tabu menarik yang layak untuk kita bahas setajam silet di blog. kalian sendiri masuk kategori yg mana? ato kalian punya tipe2 penumpang bis nyebelin yang belom gw cantumin di sini? tulis aja di comment.

pembaca blog ini : “ada re, ada lagi loh tipe yg paling nyebelin…”

gw : “yg kayak gimana tuh?”

pembaca blog ini : “tipe penumpang bis yang selalu mencari kejelekan penumpang lain, terus dibahas di blognya”

gw : “hmmm… kayaknya gw kenal deh…”

27 thoughts on “annoying yet entertaining

  1. Gw kategori apa yah??
    Kategori orang yg suka tidur di bis.itu nyebelin ga?
    Kadang2 nyebelin sih kl sebelah lo tidurnya nyender2 ke elu,trus pake ngorok udh gitu bau lg (aaarggghhh…)
    Eh tp kan ga nyebelin ya re kl misal gw yg ga sengaja ketiduran trus nyender2..
    Gw kan ga bau,tampang ga jelek2 amat lah,ga ngorok jg,yah plg ileran doank dikit hihihi…

    Beso OL lg yah

  2. gw orangnya perasa re .. jadi gw langsung ngaca ma diri gw ..
    makasih ya banget dah ngingetin gw. hiks..hiks..

    1. nyisir di bis,
    eh gw gak pernah kok. meski sisir itu selalu nyembul dari saku belakang celana gw.
    2. ngludah di bis
    jelas bukan gw. gw selalu buang lewat jendela.
    3. bau badan
    gw banget. secara gw suka bersaing maka gw suka panas kalo ada yg lebih bau dari gw.
    4. gak bayar
    gw banget. setiap naik bis kan gw minta bayarin loe kan.
    5. tukang pamer
    jadi malu .. loe suka perhatiin hape bata gw ya ..
    6. nelpon keras-keras
    sori re.. yang ini gw pelajari dari bokap loe !

    makasih re .. 😉

  3. Kalo gw sih, rada sebel sama orang-orang tuh belaga cuek pas ada ibu-ibu hamil, ibu bawa anak ato lansia naik angkutan,,,ngasih tempat duduk kenapa! kan die dekat tempat duduk loe…kalo deket tempat duduk ku sih..gak gw kasih..wacaw….pisss:)

  4. 1. neneng2 fashionista
    Okey, gue suka dgn yg satu ini, apalagi kalo tampang, postur, penampilan, en gayanya tipe gue.. uhhh ga ku ku.. ;p~~~~

    2. mamang2 yg ngeludah di lantai bis
    Yup.. ini memang menjijikan. itu aja.

    3. bad smelled people.
    YAh kalo ini si maw ga maw kitanya yang harus prepare sedia parfum..

    4. orang2 yang merasa punya priviledge
    Gue belum pernah nemu orng kaya gini. Tapi kayanya enak buat DITAMPAR..

    5. si tukang pamer
    hehehe iya.. norak bgt. inget jaman gue dulu..

    6. tukang nelpon keras2
    Yang ini ga bisa komplain gue.. sama kaya lw re.. alm bokap gue juga sering nelpon kaya gitu.. tapi sekarang gue ngikutin gayanya.. hihihihi ^_^ turunan.

  5. annoying yet entertaining.
    klo orang ngerokok dalem bis, sama sekali ga entertaining….gw ulang SAMA SEKALI..!!!
    kesel gw klo ada orang ngeroko dalem bis. udah lagi panas2, dia malah nyebarin racun gitu. pengen rasanya gw nonjok muka tuh orang –klo aja udah yakin klo dia ga bakalan ngebales nonjok–😛
    hahahaha….

  6. Tambahin lagi donk bang penulis!
    7. neneng2 tukang acting

    si neneng: (tampang memelas, garuk2 kaki, mirip orang sesak pipis gitu di depan gw)
    si Rudy baik hati: duduk disini aja mbak!
    si neneng:waduh, makasih banget mas bla bla…
    si Rudy baik hati:(dengan bangganya gantiin posisi si neneng diri)
    ….
    beberapa menit kemudian
    ….
    si neneng pengemis hati berubah drastis jadi neneng fashionista…
    ‘et dah…
    nickname gw langsung berubah jadi siRudy baik hati kena tepu!

    P.S. back link saya donk bang, butuh promosi nih….

  7. wahahha.. keren..

    gw juga tuh paling gak suka sama yg gak bayar gitu. udah gak bayar sok lagi.. nora banget.. trus gw juga gak suka sama yg bau… tru syg ngerokok sembarangan juga..

  8. hehehe…😆
    untung aku jarang banget naik bis…n gak pernah dapet acara2 kayak gitu…hihihi…kalo deket2 ama neneng fashionita ya dimanfaatin donk bro…

    [mesum mode on]

  9. gw paling sebel ma orang yang ketiduran pake acara nyandar2in pala ke bahu gw.. hih…

    terus kalo kita duduk terus orang yang di samping kita nempel2in ‘itu’nya ke bahu kita.. jijiik!!! gw pernah dua kali tuh digituin

  10. @ letsgetluz :
    hihihihihihihihihihi

    mungkin karena orangnya ga tipe lu kali luz…

    klao tipe lu, kan bisa “karokean”

    *menampar mulut sendiri

  11. @ LeeA : lu kan kategori “nyaris” sleeping beauty

    @ nindityo : mas didit dapet semua kategori nih. selamat mas…

    @ togaretta : jadi selama ini kalo pelajaran pendidikan moral pancasila (PMP) lu kemana aja? bisa2nya diam aja melihat kejadian kayak begono

    @ bayu : hihihihihi.. masa sih lu kalo nelpon keras2 ?

    @ irrrr : iya, lupa tuh gw ga kepikiran orang yang ngerokok di bis. abis gw kan naiknya yang AC. ga ada yang ngerokok heeeeee

    @ rudy : itulah, lemah kali imanmu, bagai samson tergoda delila (halah macam betool aja)

    @ ridu : sama dong. tapi ridu naiknya bukan bis ac ya soalnya ada yg ngerokok, hihihihi pisss

    @ panda : tau deh yang orang pajak nggak pernah naik bis (hihihhi, ga ngaca ama diri sendiri)

    @ 812417d0 : itu kayaknya abang deh…

  12. gwa paling males kalo naek bus trus di sebelah gwa duduk entah cewe atao cowo yang ngajakin ngobrol terus,, padahal udah jelas2 tampang gwa pengen nimpuk dia,,,, itu aja sih,,,

  13. re…

    kok lu masih nge fans ma sandra dewi si??

    dianya makan monyet lo…pake diasapin segala gitu, digantung didapur rumahnya…

    gak takut lu ntar digantung di dapur, diasapin, trus dimakan ma dia??

  14. selama gw naik bus, yg paling menyebalkan adalah kalo ada cowo (kebanyakan sih bapak2) ngerokok di dlm bis AC, trus macet dan di bus byk orang bediri pula alias penuh. emang sih lsg diprotes sm semua org. tapi kan org2 di bus udah sempet kena asap rokok nya.
    bete deh… gak manner banget!

    [ini pengalaman gw wkt msh tinggal di bekasi, jd plg pergi naik bus… skrg angkot nya jatuh kasta, kopaja/metromini!]

  15. Gw heran+curiga, postingan se-ga penting ini kok banyak yg komen ya?! Jangan2 yg komen itu penulisnya sendiri atau dipaksa komen ama penulisnya…Kyknya yg kedua de!?.
    Klo menurut gw yg plng nyebelin di bis ato angkutan umum adalah kalo ada penumpang bergerombol (mau cewe/cowok, Belia/aki2, cakep/jelek) ngobrol ngalor ngidul ga karuan apalagi klo ngomongin orang atau sok2 diskusi ga jelas+cekakak cekikik kyk kuntilanak ga jelas plus2 klo sok2 pake bahasa gaoel getooch! (kyknya lo termasuk deh re, klo lg bergerombol ama tmn2 lo!?)bnr ga si??

  16. @ thasya : sebenernya yang ngajak ngomong lu juga pengen nimpuk lu thas…

    @ freddieh butarbutar : suka’ku lah bang.

    @ rini silaen : belom pernah tuh naik bis AC ada yang ngerokok.

    @ Roid : HUAHAHAHAKAKAKAKKAK….

  17. whahahahaa…asli manteb banget nih.

    pas awal-awal kerja, gw sempat alami beginian. tapi gw ga masuk di kategori apapun. *yesss*.

    gw klo di bus itu: kalem+cool banget+awas banget sama copet.

    pokoknya attitude tetep nomer 1 dimanapun, kapanpun….hoho…cihuy..

    salam kenal…nice blog.

  18. kenapa jg pke istilah neneng2 n mamang2.. kesannya org sunda gt.. pake mas2 ato mbak2 kek, ato ses2 n bung2, ato om2 n tante2…

  19. secara (masih musim gak ya istilah secara) gw lebih sering naek kereta, tipe orang yang bikin sebel adalah orang-orang yang duduk si lantai kereta…udah tau kereta penuh, dia malah duduk menggelesor di lantai kereta. padahal tempat dia duduk itu itu bisa muat dua atau tiga orang berdiri…apalagi yang duduknya sambil bergerombol….

    oya, beberapa hari lalu, di angkot depan BP itu ada orang (kayaknya sih masih sealmamater juga sama kita) ada yang ngeluarin hape yang bisa jadi TV itu lho….sebenernya gak masalah sih, tapi yang bikin gw sebel (selain karena gw gak mampu beli hape yang ada tipinya), dia nonton Pertandingan Piala Thomas dengan speakernya di nyaringin (apa hapenya gak bisa pake earphone ya?) dan dia dengan cueknya sambil mengomentari pertandingan : “yess !!”, “aduh…”, “gobloknya….”, dsb.

    please deh…itu kan di angkot mas…..

Leave a Reply

