bukan pria metroseksual

sebagai pegawai yang termasuk kategori white collar job, adalah menjadi keharusan (bahkan bagian dari kode etik pegawai) untuk senantiasa tampil rapi.

yang menjadi masalah itu, kadang kala sebuah peraturan atau kode etik pegawai yang mengharuskan seorang karyawan tampil rapi pada jam kerja itu nggak mempunyai batasan definisi rapi yang jelas. rapi itu menurut gw subjektif bgt.

contoh :

gw : (siap2 berangkat, tinggal pake sepatu aja)

nyokap gw : “ih kok celananya itu, baju nya yang itu?”

gw : emang kenapa?

nyokap gw : ga rapih, ga matching.. ganti sana

gw : males ah

nyokap gw : GANTI AH, jangan malu2 in…

gw: (kembali ke kamar, ganti baju)

ya kayak gitu lah. menurut gw RIBET BGT kalo baju, celana, kaos kaki, sepatu, semuanya harus matching sebagai salah satu definisi rapi. berarti gw mesti punya berapa set???

rapi menurut seseorang pasti beda menurut orang lain.

terus gimana dong sebaiknya berpenampilan yang rapi bagi kita2 sebagai pegawai kantoran??

mari kita simak tipsnya…

having a SOPHISTICATED OFFICE STYLE (TANPA RIBET)

1. memilih kemeja

sesuai jenis pekerjaannya (white collar job), maka idealnya pekerja kantoran memakai kemeja berwarna putih bersih atau warna2 terang lainnya, karena diasumsikan pekerjaannya yang cenderung indoor dan nggak kotor2an. mungkin karena kemeja putih sering diasosiasikan sebagai pegawai magang, maka sekarang kemeja muncul dengan berbagai warna dan corak menarik.

dalam memilih kemeja,majalah2 berpesan seperti ini:

– kemeja berwarna gelap menyamarkan perut gendutmu

– kemeja bergaris vertikal membuat kamu terlihat lebih tinggi

yeah, anggaplah mereka benar, tapi tetep aja semua orang bilang, “tambah bulet aja lu re..” setelah gw menerapkan prinsip tadi. hihi

yang jelas, kemeja polos akan lebih gampang dipasangin ama celananya, daripada beli kemeja garis2 warna warni. juga belilah model kemeja yg lu rasa nyaman. lengan panjang lebih baik. my partner in crime, si lapet cuman mau kemeja lengan panjang model slim fit. yg lain cuman mau kemeja lengan pendek. terserahlah, yang penting ga ribet dan ga susah matchingnya.
2. memilih celana

buat ke kantor pasti mesti pake celana yang biasa disebut ‘celana bahan’ . menurut gw istilah ini aneh. karena celana jeans tidak disebut celana bahan jeans. whatever nama resminya, yang jelas seorang pekerja kantoran harus punya beberapa celana buat ngantor. dalam hal ini majalah2 dan rubrik2 gaya hidup selalu bilang :

– harus punya warna2 basic seperti hitam, biru tua, coklat, dll dll

yah kali ini mereka ada benernya. cuman menurut gw beli lah celana kantoran yang ga ada rampelnya kayak gini

ga ada rampelbukan yang kayak gini rampel (kayak jaman film catatan si boy)

3. sepatu

yang jelas, menurut gw harus punya sepatu item dari kulit. ga usahalah pake sepatu coklat. emang keren sih, tapi sepatu coklat artinya kaos kaki yang dianjurkan adalah coklat. kaos kaki coklat berarti ga matching kalo pake celana biru tua, ato item kebiruan. ribet kan… mending sepatu item aja. ga terlalu gaya, tapi praktis..

4. dasi

halah, ga usah pake dasi, RIBET!! bikin gerah. di jepang aja dalam rangka mengurangi pemakaian AC, pegawai2 dianjurkan untuk pake baju yang adem pada musim panas. global warming gitu loo

5. jeli melihat warna

yeah, emang milih warna itu susahhh. milih warna untuk tampilan web kita bisa dengan mudahnya googling buat theme warna ato color palette yang kita pengen. but it’s not the same with clothes. biru dan coklat sebagai tampilan web tuh keren, tapi celana biru + baju coklat atau sepatu coklat + baju biru = pelototan mata nyokap gw nyuruh gw ganti baju.

demikian tips kali ini, mudah2an berguna..

pembaca blog ini : perasaan tips lu itu, bukan bagaimana biar bisa rapi, tapi bagaimana biar ga ribet kalo pagi2 mau siap2 ke kantor

gw : iya sih

pembaca blog ini : gimana sih, postingan ga mutu!!

gw : eh, sembarangan.. lu kira gampang nulis blog

18 thoughts on “bukan pria metroseksual

  1. tips yang bagus re .. minimal gw bisa bayangin loe pake baju apa pagi itu.
    pasti mirip banget ama banner blog loe ya .. celana biru + baju coklat atau sepatu coklat + baju biru … wah nyokap loe emang hebat.

    tapi yg paling penting adalah PeDe re .. toh terbukti kamu gak PeDe pake celana biru + baju coklat atau sepatu coklat + baju biru tadi kan🙂

    btw, tuh blogroll kamu dah muncul lagi …

  2. yaaah untuk urusan kayak gini gw akuin deh re lo memang gaya….walaupun gak bis amerubah lo jadi lebih ganteng sih hihihi

  3. menurut gw rapi itu kalo udah disetrika pake setrika’an.

    ngga sia2 deh lu lulus dari sekolah jahit Juliana Jaya..

    btw istilah “rampel” itu apakah lipetan celana?
    terus kalo gw mau bikin celana panjang, kira2 butuh bahannya berapa meter ya? jadinya berapa hari re? ato mending beli jadi ya?

  4. hehehe…..
    klo gw dah pasti gamasuk kriteria matching dan rapi…

    asal aja gw pake, asal ada di gantungan baju dan dah disetrika ya gw pake….

    palagi gw pergi ngantor ga pernah pake sepatu –ooops,,, jangan kenceng2, nanti ketauan–😛

    re,,, ganti skin nih😉

  5. Hihihi..akhirnya ada edisi Fashion.
    Ya iyalah re,,bener kata ibu Solance itu,kalo ga matching kan bikin sepet mata,malu lah dia sbg mama lo,ntar apa kata tetangga lo,masa mamanya stylish anaknya kagak?? ;p

    Lagian kan mata enak ngeliatnya kl jd cowo tu rapi,apalagi +bonus wangi =)
    Gampanglah biar jd sophisticated,bener tu kt lu,biar ga susah,minimal punya warna2 basic buat celananya,n kemejanya bs warna2 basic jg atau gradasinya,bs polos atau biar ga monoton,yg bermotif,plg standar ya garis2 atau kotak2.tp itu jg meyesuaikan postur mo garis2/kotak2 kecil/besar..jgn smp salah,krn ntar bs bikin jelek penampilan.maunya keren malah jd dicela😦
    Oiya,pastikan kemeja n celana lo udh disetrika rapi yah,lumayanlah walopun ntar jd agak lecek dikit krn naik metromini,tp kan minimal udh usaha buat rapi =)
    Kl buat sepatu,ya minimal item n coklat tua keren jg kok re..

    Halah berasa Tyra Banks gw -huekss jauh bgt- ;p

  6. huekekekeke…
    nyasar kesini gara2 blog-nya Adis…emang bener kata si Adis, blog bisa menyatukan persaudaraan kita sebagai babunegara😀

    wah, tengkyu buat tips-nya brow…kalo kamu sih enak di kota besar, tampil keren emang penting, biar bisa tepe-tepe…tapi kalo aku, kayaknya gak ngefek deh😀

    nice tips😀

  7. @ nindityo : makasih mas, aku emang krisis pede. hihi

    @ mikebm : gpp mike, lu kan masih kuliah.. he

    @ astrid : siapa juga yang pengen tampil lebih ganteng. perasaan gw kagak lurus2in rambut yang dari lahir emang udah keriting terus dikomentarin orang2 satu direktorat deh. (oh itu lu ya?)

    @ agastya : kayaknya itu pertanyaan buat madam ivan kali ya. lu kayaknya terobsesi bgt ama dia.. *curiga

    @ irrrr : gw juga suka ke kantor pake sendal. cuman kalo diliaht bokap gw dibilang NORAK KAMu!!!

    @ LeeA :
    udah gw duga pasti lu bakalan ngasih komen paling panjang dan paling sok ngerti gitu…

    @ adis : *speechless

    @pandaremania : salam kenal bro ! bukan tampil keren, tapi tampil ga ribet aja…
    he pisss

  8. ah.. gue ga mw terlalu repot untuk urusan begituan.. kadang gw pk sepatu coklat kok.. celana juga bodo amat pk rampel apa engga.

    tapi lain halnya kalo mw ketemu SBY sama menteri.. hahahaha.. kudu rapi jali harum mewangi..!!

  9. haiii.. baru mampir. blognya lucu.

    tentang ‘garis ke bawah’ itu bener bangeeet… Obelix aja tau efek garis ke bawah itu menguruskan.. hehehehe..

    *kenalan*🙂

  10. MenuruT gw mending lu ngantor pke bju renang….Wah pasti tU bisa nyegerin suasana dkantor…N gda lagi yang namanya boring dikantor lu smuanya pasti ketawa….
    Khn ngebuat orang laen seneng termasuk ibadah…
    By:puTra PROlink

  11. gw mo nanya nich…
    gw kerja di indoor ‘n outdoor, tp kebanyakan indoor. trus gw kerja di proyek (shipyard), so gw pake uniform (overoll). gw pengin tampil beda dengan perubahan dalam fashion. bisa kasi solusi g???

  12. ak dah mahasiswa,
    tapi lum bisa tampil matching,
    setiap yang gue pake di koment ma cewek-ku g matching lum pas,
    so dari situ kita sering tengkar,
    emailin tips2nya ya..
    mas re kan dah kerja lebih banyak pengalaman di kantor dan lingkungan,,
    makasih
    tak tunggu email nya..

Leave a Reply

