two concerts in a row

hyaaaa… setelah sekian lama nggak nonton konser paduan suara (terakhir kali nonton yg ini), akhirnya gw menyempatkan diri untuk kembali mencuci otak dan telinga gw dengan paduan suara.

mendapatkan info dari milis, gw menemukan ada tiga konser menarik di februari ini. yang pertama An Amorous Love dari Infinito Singers. sayang sekali gw kehabisan tiketnya. akhirnya gw mewajibkan untuk nggak melewatkan dua konser yang lain.

here they are…

Rhine Danubian Cruise by Agria Swara IPB

melihat judul konsernya, yang terpikir di kepala gw adalah sungai rhine dan danube yang membelah eropa. gw juga sempat terpikir apakah mereka akan membawakan secara a capella lagu waltz The Blue Danube (yang buat iklan saos ituhh).

tadinya agak malas, karena gw pikir mereka akan bawain lagu2 periode romantik dan ato sejenisnya yang sebenernya kalo udah kenal lagunya bagus tapi kalo kebanyakan bikin ngantuk. tapi melihat nama Arvin Zeinullah sebagai Music Director gw langsung kepengen. gw masih inget waktu nonton anak2 choir unpad di bawah komando Arvin Zeinullah yg dengan oke membawakan lagu2 yg menurut gw susah kayak Pokpok Alimpako.

tanpa banyak basa-basi akhirnya tampilah paduan suara agria swara IPB dalam balutan hijau dan emas yang sekilas mengingatkan gw pada parcel lebaran. Tiga lagu pertama yang dibawakan pada sesi pertama adalah karangan Zoltan Kodaly (siapa pula ituh?). lagu pertama sukses membuat gw-yang membayar tiket paling murah dan duduk hampir paling depan-merinding. tapi tiba2 ada satu sopran yang keseleo nggak nyampe di tengah lagu. untunglah gw cuman mendengar itu satu kali.

beberapa lagu berikutnya menampilkan nada2 minor yang menurut gw diaransemen sedemikian rupa untuk tidak terdengar harmonis. untuk itulah gw angkat jempol buat agria swara IPB, karena gw ga kebayang aja kalo gw dikasih partitur lagu model begono, mempelajarinya, dan tiba2 kehilangan nada di tengah lagu, dan kesulitan untuk kembali “mengejar” suara suara lain karena keempat suara akan terdengar tidak harmonis di telinga awam. tidak seperti lagu periode romantik atau barok yang cenderung membuat repetisi mirip suara sebelumnya.

dari blog yg akhir2 ini gw baca, gw baru tau kalo sebagian besar lagu2 yang dibawain malem itu adalah bahasa hongaria. tapi ada juga lagu jepang dan korea yang menurut gw tidak sesuai temanya yang european sekali.

lagu Arirang dri Keon Yong Lee menjadi favorit gw malam itu karena solisnya menampilkan cengkok yang terdengar unik (citarasa korea i expect).

akhirnya konser ditutup dengan sebuah lagu yang kurang nendang untuk sebuah encore. untuk mikebm, pinjem fotonya ya. males nyari, hehe

Kesimpulan Konser kali ini

BAGOOOSSSS !!!!! sukses membuat gw terpaku tegang dan merinding di kursi penonton dengan jantung berdegup. gw puas. bayar paling murah dan duduk hampir paling depan.

Music Down in My Soul by Sekolah Pelita Harapan Bukit Sentul Children’s Choir

i heart children choir.

menurut gw paduan suara anak2 (yang bagusan tentunya ya) tidak pernah membosankan. suaranya lembut breezy dan soothing.

what convinced me to watch this concert adalah tulisan “paduan suara ini akan ikutan choir olympics di Graz, austria. terakhir kalinya gw nonton paduan suara anak2 yang mau ikutan world choir games di Xiamen, china, mereka membuat gw terbayang2 sampe mimpi saking bagusnya baik secara artistik maupun entertainment.

konser di mulai agak ngaret, dan gw belum sempet membaca keseluruhan program acara ketika lagu pertama mulai dilantunkan karena buku acaranya penuh dengan formulir donasi dan lelang pengumpulan dana yang bikin ribet.

memasuki lagu kedua, gw membaca judulnya Elijah Rock!! gw kaget. selain lagu itu susah, aransemennya untuk SATB (karena gw denger anak2 sebelah gw baca keras2 Moses Hogan). setelah mendengar beberapa bar lagunya dan mengecek buku acara, ternyata yang aransemen lagunya berbeda

yang bikin gw bete di konser ini adalah, gw ga notice kalo konser ini adalah fund raising concert di mana diadakan lelang ulos untuk pengumpulan dana dan pembacaan berbagai opsi paket2 sumbangan yang lebih panjang daripada konsernya sendiri.

baru nyanyi 2 lagu udah muncul si MC lelang. dan yang lebih ngeselin lagi adalah si neneng2 hodob asisten MC lelang yang bertugas menterjemahkan kata2 si MC ke Bahasa Inggris. Ketika diminta menjelaskan everything about ulos kepada hadirin, dengan tak bersalahnya si neneng berkata

neneng hodob : “ulos is a traditional fabric from…ummm. (berpaling ke si MC) where is it from mam?”

MC : “its from north sumatra, neneng hodob.”

neneng hodob : “yeah, its from north sumatra, you can use it to decorate your room, or even use it as a towel…”

penonton : dalem hati “ih, googling dulu ke ulos itu apa dan dari mana…”

tidak cukup itu, di sesi lelang ulos berikutnya si neneng hodob dengan jalan pikirannya yang nggak jelas bilang :

neneng hodob : “iya, ulos kan dipake orang2 batak, btw aku orang batak juga loh…”

penonton : (dalem hati) “ih, bikin malu orang batak aja deh. ngaku orang batak tapi ga tau ulos darimana. malu2in aja deh. anak SD di kupang juga tau ulos dari mana…”

belum cukup aksi pura2 bego dari si neneng, si asisten MC lelang satunya, yg katanya ketua osis bilang gini :

Ketua Osis : “i just got a recent info that the ulos is 100% hand made. so it must be really really expensive..”

gw : *ga tahan untuk nyeletuk “Everybody knows that!!”

ibu2 sebelah gw : *mengikik tertahan

yeah, sebenernya konser ini dari tingkat artistik lagu2 yang dibawakan sangatlah menarik. lagu hotaru koi yang bercerita tentang kunang kunang dibawakan dengan paduan suara yang berbaris mengelilingi penonton. lagu jaranan dan gamelan yang dibawakan lengkap dengan dance, dan beberapa lagu aransemen Moses Hogan yang selalu bikin gw merinding. tak ketinggalan theme song “music down in my soul” yang sangat gospel dengan dance nya yang nggak berlebihan.

sayangnya, lelang yang terlalu panjang dengan MC yang berpura2 bodoh, bikin mood acara ini hilang. akhirnya konser berakhir dan ulos terjual seharga 15 juta rupiah. konser ditutup dengan lagu The Lord Bless You and Keep You dari John Rutter yang menurut gw masih belum dikuasai dengan baik oleh para anak2 tersebut karena masih terlihat kejar2an pada bagian akhir lagunya.

sph sentul children choir

foto SPH Sentul Children’s Choir di World Choir Games tahun 2006 di Xiamen, China.

kesimpulan konser ini:

BAGOOOUS tapi beberapa bikin bete… selamat untuk SPH Sentul Children’s Choir atas terkumpulnya dana yg dibutuhkan. semoga sukses di austria nanti. kalo bisa nggak usah ajak si neneng hodob ke austria. cause i think she doesnt even know the difference between austria and australia. ajak gw aja, heeeee😀

12 thoughts on “two concerts in a row

  1. makasih bang, mau menulis link blog saiyah….

    saya juga sempet denger kalau konser sabtu ada fund raisingnya….
    I’m not against fund raising, but if it is, the publicity should mention it also. Untungnya nyanyi bagus hehehe… kalo gak bisa dibilang pembohongan publik :))

  2. rere..

    ternyata kau penikmat konser ya…

    hebad euy..komentarnya..

    kalo gw mah ggak ngeh kali ya kalo ngdengerin trus ada yang salah…

    sampai kau tahu pula apa itu baroq dan ntah apa-apalah itu..

    good rere….ternyata kau sudah cukup bersabar ya ikut PS FC kita yang sudah pasti jauh dari yang pernah kau tonton itu..

    good…

  3. kok sama sekali kaya ngga ada jejak kehadiran gwa yang nemenin loe di konser yang Agria Swara itu,,

    padahal kan kita bersama-sama membahas bagaimana pengaruh musik paduan suara terhadap tumbuh kembang Padi Hibrida.

    ;(

  4. @mikebm:
    iya. nanti juni katanya mereka konser lagi. tapi kalo lagunya sama dan ada fundraisingnya yg lelet gw males nonton ah

    @ bang fredi butar butar:
    plis deh bang, pastilah abang denger kalo ada yg fals..
    bersabar bergabung dengan FC? macam aku udah jago kali aja. masih pintaran abang pun

    @ thasya :
    gw udah duga, lu ingin disebut, maka gw suruh lu kasih komen, karena di komen lu, lu pasti akan menyebut diri lu yg nonton bareng gw.
    dugaan gw tak meleset

  5. Gw ga disebut???
    -komen ga pntg,,dimana gw aja gatau ini lu ngomongin jenis lagu apaan..-

    aaahh kampungan sayah =(

  6. @ majumalaysia :
    emang bisanya komen doang…
    HUAkakakka

    indonesia emang choirnya bapuk, tapi choir indonesia dapet GOLD dan SILVER BANYAK waktu World Choir Games 2008 di Graz. lihat aja resultnya.

    daripada choir malaysia, di world choir games cuma ikut kategori Music of the Religions-itu pun cuma open category, cuman dapet silver VII.
    another malaysian choir was participating in Popular Choral Music dan cuma meraih Silver X ???? are you kidding me?

    udah gitu nggak ada tuh choir malaysia yang lolos ke round 2.
    Elfa’s singers dari Indonesia lolos ke round 2 dan dapet Gold dan tercatat sebagai World Choir Games Champion.

    yeah, it is your rights to say indonesian choirs bapuk but lets talk about facts.
    kalo choir indonesia bapuk, choir malaysia apa dong?

    next time, kalo choir malaysia mau dapet GOLD, datengin pelatih dari indonesia aja…
    HUAKAKAKAKKAKA

  7. hari ini saya iseng2 ketik sekoalh pelita harapan bukit sentul children’s choir di google (kurang kerjaan kali yah hehehhe) terus tiba2 ada satu blog yang coba saya buka dan ternyata ada komentar dari konser kita waktu malam dana di goethe haus… Wah, saya pribadi senang bangat ada yang mau kasih komentar dan kritikan terhadap konser yang telah kita buat…. thanks yah…
    Anyway, thanks juga udah support kita dalam doanya sehingga kita boleh diberkati Tuhan dengan 3 medali perak (walaupun kita secara manusiwi sempat kecewa). Tapi kami tetap dikuatkan dengan visi kami adalah untuk memuji nama Tuhan… Kecewa kenapa???? bukan bermaksud membela diri…. Banyak hal yang kita tidak bisa bayangkan dengan kondisi penilaian dewan juri yang kadang aneh tapi nyata… di mana ada juri (Austria) kasih kita nilai 10, 9 ,10, 10 untuk kategori youth dan juri lain (Rusia) kasih kita nilai 5, 6, 6, 8…. wah bingung kan???? terus untuk kategori gospel kita udah yakin banget dapat emas, tapi ternyata hanya nilai 77,75 yang kami dapat, begitu juga dengan kategori Music of Religions dimana kami juga meraih medali perak….. Padahal kami merasa bernyanyi baik dan Puji Tuhan banyak orang yang merasa terberkati dengan penampilan kami terlihat begitu antusiasnya mereka memberikan sambutan disetiap akhir lagu yang kami bawakan… Puji Tuhan lagi di mana salah satu misi kami kecapai dimana memberitakan firman Tuhan melalui puji2an.
    Anyway, thanks buat support dan doanya buat SPHBSCC, semoga kami semakin dipakai Tuhan untuk menjadi alatnya selama NAFAS HIDUP itu diberikan buat kita.. Amin

  8. WUAAAA… senangnya dapet komen dari sang music directornya Peliha harapan bukit sentul children choir…

    Selamat ya udah berpartisipasi dan bahkan mengharumkan nama indonesia di austria…

    i’m proud of you guys. salut buat dedikasinya.

    tentang konsernya, gw suka program konsernya, lagu2nya bagus2, nyanyi nya juga bagus. anak paling kecil yang ditengah2 itu cute bgt.

    cuma rundown acaranya aja yang terlalu banyak fund raisingnya.

    maju terus pelita harapan bukit sentul children choir !!!!!
    2 tahun lagi pasti dapet GOLD (dan jadi grand champion)
    *amin

  9. Gue sbnrnya slah satu participant di sphbscc dua taun trakir ini. Thx ya ud ngsi review ttg knser kita yg charity kmrn, emg tuh si neneng hodob dodol bgt haha. Btw ga nnton ya knser sphbscc di usmar ismail hall juni kmren? Byk improvement lohh apalagi yg di austria kmrn, jgn bndingin ama waktu februari deh. Haha anyway, kita emg dpt 3 silver medal kaya yg uda pa daniel blg diatas.. Prtamanya kcewa tp skrg gue ngrasa bangga bggt scara kita cma anak2 umur 10 ampe 18, lawan kta ud gede2 smua haha indonesia juga mnurut review result kmrn yg bs diliat di musicamundi.com dpt urutan 6 besar negara yg plg byk dpt gold dan silver.. It means choir indonesia BUKAN choir bapuk ye! Kalo malaysia brani blg choir indo bapuk, mdg blajar introspeksi dlu deh ya tolonggg! Overall, GO CHOIR INDO for the next WCG 2010 di siaoxing! (moga2 gue ms ikut hehehe)

Leave a Reply

