a lunch with an expert

nothing special this morning. hanya pagi biasa, nyampe kantor, sarapan dengan salah satu anggota BSB, back to ruangan, dan berinternet atas nama kerja. yeah, kali ini emang boss gw menyuruh gw berinternet untuk nyari data satu dan lain hal.

and then the phone rings. telpon buat gw.

gw : halo… ya.. bla bla bla

penelepon : saya….(skip skip) ke kantor..(skip skip).. makan siang bareng… dll

gw : hmmmmm gimana ya pak *ragu2

penelepon : nggak apa-apa kok… bla bla (skip skip) jam 12 siang ya

gw : oke

masih merasa aneh dan nggak percaya, gw setengah berlari ke ruangan si lapet mengabarkan telepon tadi…

gw : lapet, lapet, masa bernaridho hutabarat nelpon aku, terus siang ini dia mau ke sini, terus ngajak makan siang bareng…

lapet : (dari dulu terkagum2 pada prestasi dan kehebatan pak bernaridho) masa? (pura2 nggak terkesan)

gw : (dengan aksen medan) iya, nanti kau ikutan aja, kawani aku ya…

lapet : okee (hanya tersenyum datar, pura2 nggak excited)

jadi, dulu ketika ada acara di kantor, gw berinisiatif mengundang Bernaridho Hutabarat sebagai pembicara. sayangnya karena satu dan lain hal, kehadiran bang ridho ini kami batalkan.

seinget gw, bang ridho ini punya banyak achievement di bidang IT (terutama untuk database dan programming, cmiiw). sayang, CV nya di internet sementara ini beliau tarik dari peredaran. beberapa yg masih gw inget antara lain pernah jadi juara oracle (kalo nggak salah di jepang), menjadi salah satu calon ketua asosiasi pengawas internet Indonesia, menerbitkan buku2 SQL, mantan dosen STT Telkom, dan saat ini sedang mengembangkan bahasa pemrograman baru.

berikut ini adalah secercah dari segelondong ilmu yang bisa kami (gw dan si lapet) curi dari bang ridho

misalnya, kita nulis coding

select * from tabelpegawai where tbnama=rerere;

pernah nggak kita berpikir bahwa select itu hanyalah sebuah proyeksi tabel, ato apa sih sebenarnya definisi dari from dan where. bang ridho mengkomplain para programmer yang notabene makan bertahun2 di jurusan IT yang terlalu banyak menggunakan istilah sehingga kehilangan esensi sebenarnya dari programming.

berawal dari pemikiran tadi, bang ridho menghadirkan bahasa pemrograman yang akan menyederhanakan semuanya. bahasa pemrograman ini (yang tadinya akan menyaingi java, secara nama bahasa programnya batak, tapi kemudian diganti) sedang dalam proses pengujian dan mudah2an bisa rilis pertengahan tahun ini (ganbatte bang ridho!!!!!)

wuah, banyak bgt deh yang dibilang bang ridho. sayangnya banyak dari pendapat2 bang ridho yang hanya masuk temporary file di memori otak gw, dan karena nggak ngertinya atau mungkin karena banyaknya info yang di share, sekarang info2 itu udah terdelete dan susah mau diceritain di sini

gw : oke para pembaca, i admit it, dalam hal beginian emang gw ga bisa nulis.

pembaca : akhirnya lu ngaku re!!!!!!!

sukses deh buat bang ridho dan bahasa pemrogramannya yang mudah2an segera di release pertengahan tahun ini!!!!!!

nice to meet you and we are proud of you!!!!

gw&lapet : uh orang batak tuh (chauvinisme mode ON)

ps : buat bang dani, mudah2an abang sirik terinspirasi. hehehehe

9 thoughts on “a lunch with an expert

  1. “lapet : (dari dulu terkagum2 pada prestasi dan kehebatan pak bernaridho) masa? (pura2 nggak terkesan)”

    masa seh..??
    kayaknya tadi gw lompat2 lah..(lompat kegirangan).
    sayang gw cuma kagum tanpa punya salah satu koleksi bukunya.kalau nggak, mungkin sudah ada coretan tangannya di buku itu dan gw tunjukkan ama orang2 satu kostan (*ini ga penting).

    ganbatte b’bernaridho…
    doaku untukmu, sayang gw ga punya banyak duit untuk mendanaimu.bayar duit kostan aja sering ngabur. bayar indomie babe aja sering utang. kalau tidak mungkin sekarang udah banyak majalah2 menerbitkan penelitianmu, udah banyak CD2 bajakan software barumu di glodok, sudah banyak undangan yang mampir di meja kerjamu untuk presentasi.

    bukankah keyakinan bisa mengalahkan kerikil2 tajam di depanmu?! yakinlah pasti ada mata air di tandusnya gurun.
    (*sok bijak)..

  2. @ dodol_lapet :
    jangan pura2 deh msb, kau kan melompat hanya dalam hati aja.

    iya yah, sayang kita nggak bisa bantuin pendanaan RnD nya bang ridho. tapi gw tunggu deh release-an kerjaannya bang ridho.

    apalagi satu hari setelah makan siang ini langsung liat artikelnya bang ridho di PC Media edisi 03/2008
    ternyata yg gw tulis di sini nggak jauh beda ama apa yang dia bilang.

  3. duh, memang sirik aku ngelihat dikau re, i wish i could have a *** like you (biar bangga aja si rere, hehehe)

    hem, untuk jadi seperti bernaridho kayaknya gak mungkin re, jadi muridnya aja udah bersyukur kalo bisa… lagian IT kan bukan bidangku, aku cuma nyasar ke sarang script kiddies aja beberapa tahun yang lalu…

    oya, aku baru tahu dia gak jadi pembicara waktu itu… kecewa dong dia? hehe

  4. breakfast with a beginner..
    then
    lunch with an expert..

    ——–

    select * from tabelpegawai where tbnama=“rerere“;
    *
    ERROR at line 1:
    ORA-00904: “rerere”: invalid identifier

  5. @ agastya :
    WOW, iya ya gw ga pernah kepikiran !!!!!
    breakfast with a beginner then lunch with an expert (mudah2an nanti jadi expert, amiiiin)

  6. Okey.. gue kaget saat lo cerita pas gue lagi baca PC Media terbaru..

    Waw.. ternyata kita semua berbakat jadi orang penting en terkenal… hahahahahahahaha….

  7. Pertama-tama, permohonan maaf ku karena telat mengirimkan Comment, maklum ngirimnya pake Pos, sekalian ngirim SPT gituu…:)

    Gw gak percaya ..(masih nyubitin pipi, ampe ibu jari kaki), kok kayaknya beneran ya??? Yang pasti CIA mesti beraksi, apakah benar bapak itu bener2 kepengen menemui loe, atau jangan2 salah melirik agenda meeting dengan klien…ato beliau membaca blog loe, dan merasa loe perlu di benerin deh…(kekeke…)

    Rere : ” Ah..sirik aja loe!!! ” (emang skenario berikutnya gitu…wuekkk)

Leave a Reply

