rerere’s book review- based on a writer’s request

ya.. akhirnya jadi juga gw posting book review gw yang kedua. sebenernya udah lama pengen nulis book review, tapi banyak kejadian yang lebih penting untuk dimuat di blog, seperti gw ulang tahun, presentasi gw yang sukses, sakit cacar, sendal gw putus, ato gw jalan2 naik busway pake kostum badut terus foto sambil kayang di depan monas *ups, heee

baiklah, inilah dia buku pertama

Laskar Pelangi (Andrea Hirata)

rerere laskar pelangi

pembaca blog ini : HAPA..HHH!!! hare gene review buku laskar pelangi????
gw : bangke, kan gw juga dah bilang, gw udah mau review dari dulu2, cuman baru sempet sekarang…
pembaca blog ini : tetep aja basi
gw : DIAM kalian semua. ini kan tribute buat sang penulis yang menurut gw sangat brilian!!
pembaca blog ini : (belum bisa membantah)
gw : lanjuuut..

pertama kali gw baca buku ini, gw minjem dari temen seperjalanan di kereta saat tugas kantor ke luar kota. gw cuman baca beberapa bab pertama dan i’m amazed dengan kenyataan yang diceritakan di buku ini. begitu balik ke jakarta, gw lupa mau beli buku ini. akhirnya gw langsung beli buku ini ketika Andrea Hirata, sang penulis buku ini diwawancara di Kick Andy.

buku ini bercerita tentang pengalaman masa kecil si penulis dan teman-temannya di sebuah sekolah dasar yg amat sederhana dan bagaimana mereka dengan kesederhanaannya bisa menikmati kehidupan mereka dan bahkan mengharumkan nama sekolah mereka disela-sela kesibukan mereka membantu orang tua.

yang gw suka dari buku ini:
kejujuran, kesederhanaan, kekanak-kanakan yang diceritakan, semua kepolosan anak2 di pedalaman belitong dan kenyataan bahwa semua yang digambarkan di buku ini tuh beneran terjadi. beneran deh setelah baca buku ini, seatheis atau sejahat apapun elu, pasti sedikit banyak lu akan bersyukur

yang gw nggak suka dari buku ini :
masa si Lintang berhenti sekolah dan di tahun2 berikutnya dia cuman jadi supir??? miris banget deh, dan ini tuh true stoy kan??? haduh masa jaman itu ga bisa apa diusahakan beasiswa buat si lintang dan siapa gitu kek patungan buat membiayai keluarganya lintang … *hiks, andai ini fiksi

nyeselbelibukuini-o-meter :
minus 10 dari 5
rugi bgt deh kalo nggak beli buku ini. must have item. menurut gw beli aja buku ini dua biji. satu buat dikoleksi, satu lagi buat dikasih ke panti asuhan. pasti banyak yang bisa mereka pelajari dari buku ini. buat kalian yg udah baca buku ini tapi minjem padahal punya duit banyak, MALU DONG!!!!

buku selanjutnya

Sang Pemimpi (Andrea Hirata)

rerere sang pemimpi

masih karangan Andrea Hirata, buku ini buku kedua dari tetralogi laskar pelangi. bercerita tentang kehidupan si penulis di masa SMAnya sampai kuliah dan bekerja.

yang gw suka dari buku ini :
filosofinya itu loh.. memotivasi gw banget. saat kita bener2 nggak punya apa2, kita cenderung pesimis. tapi buku ini mengajarkan kalo justru saat kita nggak punya apapun, kita harus berani bermimpi dan berjuang mewujudkan mimpi itu… *ceileh

pembaca blog ini : gimana sih re? kok dikasih tau esensi dari bukunya? kan kita jadi nggak penasaran lagi…
gw : bangke! katanya kalian udah baca? katanya udah basi review buku laskar pelangi dkk?
pembaca blog ini : ya kan kasian yg belom baca. kayak di book review yg dulu kan, pesen moral buku ninit yunita yang test pack kan nggak lu kasih tau, biar kita2 para pembaca penasaran..
gw : itu mah gw yang bingung mau nulis pesen moralnya apa
pembaca blog ini : (memberikan tatapan dengan arti “udah gw duga”)

oke lanjut,
yang gw nggak suka dari buku ini:
apa ya? kok nggak setebel bukunya yang pertama sih?

nyeselbelibukuini-o-meter:
minus 4 dari 5
artinya tentu nggak nyesel beli buku ini. bagus bgt gitu loo. terjadi perdebatan antara gw dan temen2 gw yang udah baca buku2 laskar pelangi. mereka bilang buku kedua ini yg paling bagus. kalo gw, tetep buku pertama paling oke….
buku Sang Pemimpi ini juga sebaiknya dibeli dua biji sekaligus untuk kemudian diperlakukan sama dengan buku Laskar Pelangi.

buku ketiga

Edensor (Andrea Hirata)

rerere edensor

hmmmmm, males gw ngereview buku ini. mau tau ceritanya kayak apa, ya beli aja bukunya ato pinjem punya temen juga gapapa

yang gw suka dari buku ini :
sedikit

yang gw nggak suka dari buku ini :
banyak

pembaca blog ini : niat nggak sih review buku ini?
gw : nggak

nyeselbelibukuini-o-meter :
3 dari 5
nggak tau ya. gw beli buku ini dengan mind set, wah pasti bagus nih. ternyata, yaaaa nggak jelek sih, tapi apa ya? sangat hambar dibanding buku2 sebelumnya. tapi masih boleh lah dipajang sebagai koleksi.

buku keempat

40 Days in Europe (Maulana M. Syuhada)

rerere 40 days in europe

buku ini semacam diary yang menceritakan perjalanan Kelompok Paduan Angklung siswa-siswi SMU 3 Bandung yang berkeliling Eropa untuk mengemban misi memperkenalkan angklung ke dunia. buku ini true story looo, makanya keren.

yang gw suka dari buku ini :
walaupun beberapa bab pertama agak bosenin, bab selanjutnya bener2 membuat rasa penasaran gw membuncah…

yang gw nggak suka dari buku ini :
ya itu tadi, saking penasarannya gw ga bisa berhenti baca buku ini. gw udah niat tidur paling lambat jam 12 malem supaya besok nggak kesiangan ngantor. kira2 jam setengah satu pagi gw tutup buku ini dan gw tinggalin buku ini di luar kamar. apa daya, di peraduan gw, gw berfantasi liar mengenai kelanjutan nasib anak2 ini di eropa. esoknya gw terlambat bangun karena malamnya gw abisin buku ini sampe jam 3 pagi.

nyeselbelibukuini-o-meter :
minus 2 dari 5
nggak nyesel lah. pas gw beli buku ini, sebenernya gw rada trauma sama back cover comment dari ninit yunita (trauma bisa baca di sini). tapi, kali ini gw setuju deh ama komentarnya ninit yunita mengenai buku ini. emang buku ini seru.

buku kelima

5cm (donny dirgantoro)

rerere 5cm

buku ini bercerita tentang 5 sobat yang udah deket banget dan ngejalanin hampir segala sesuatunya bareng2. sampai suatu ketika mereka memutuskan untuk nggak saling berhubungan selama dua bulan dan kemudian ketemuan lagi setelah dua bulan itu. dst dst dst

yang gw suka dari buku ini:
covernya.

yang gw nggak suka dari buku ini:
tentunya selain covernya.
setengah gw baca buku ini, gw masih aja bingung yang mana si A, yang mana si B? gw yang bego kali ya. emang di awal buku, pembaca udah diperkenalkan dengan masing2 karakter. tapi kok kayaknya nggak ngiket aja karakter di buku dengan si pembaca. dialognya & tektoknya nggak jelas. gw kadang baca dari atas lagi just to make myself sure, ini siapa sih yang lagi ngomong sekarang?
hal hal yang diceritain juga menurut gw kok rada nggak penting ya? alhasil gw males nerusin baca. hehehe

nyeselbelibukuini-o-meter:
udah bisa ditebak kan berapa?? 4,5 dari 5.
mungkin ini yg dibilang dont judge a book by its cover. pantesan, kok ada tulisan best seller, tapi kok gw belom pernah denger buku ini dibilang bagus. gw yg basi kali ya? apa jangan2 tulisan best seller itu emang design awal covernya? hihihi
yang penasaran boleh beli buku ini, terutama yg pengen membuktikan kalo gw salah.

pembaca blog ini : sebenernya kalo lu baca buku ini ampe selesai, bukunya bagus tau re
gw : iya sih, kata temen gw yg udah baca. cuman gw males lanjutinnya.
pembaca blog ini : kan kasian bukunya lu jelek2in di sini..
gw : ya ini kan blog gw. suruh aja penulisnya bikin blog yang menghina2 postingan gw. lagian blog ini kan sepi pengujung. liat aja blog hitsnya cuman segitu. nggak ngaruh juga kali..

buku terakhir dalam book review kali ini

Dokter Ngocol (Ferdiriva Hamzah)

rerere dokter ngocol

gw : eh tau nggak sih lo, tau nggak sih loo…..
pembaca blog ini : apaan
gw : si penulis buku ini, ferdiriva ini, kan kirim message ke friendster gw. dia bilang book review gw sadis, dan dia penasaran minta bukunya direview.
pembaca blog ini : ooh, pasti gara2 dia juga, lu langsung bikin book review kan?
gw : iya, gw jadi semangat gitu penasaran mau baca. emang book review gw sadis ya?
pembaca blog ini : ihhhh biasa aja kali. hari gini penulis buku maunya dipuji2 aja? ga mau dikritik? kapan majunya?
gw : iya sih, padahal kritik gw kan harusnya jadi masukan buat mereka ya?
pembaca blog ini : lu mah mencela doang, kaga ada masukannya..

buku ini ditulis oleh seorang dokter spesialis mata. menurut gw, sebelas dua belas deh ama bukunya kambing jantan. ceritanya dari blog2 gitu. ide nya pun kayaknya mirip2 (cmiiw).

yang gw suka dari buku ini :
ceritanya enteng, seenteng harga bukunya.
buku ini berhasil juga membuat nyokap bertanya dari dapur “kamu ketawa ama siapa sih ??”
btw, gw ketawa beneran loh bukan ketatol (ketawa toleransi-red) ato yang di buku ini disebut sebagai purpurket (pura2 ketawa).
oh iya, I DO LOVE aksen2 medan yg diceritain di buku ini. kayak postingannya si tarmik itu. entah apa2 yang diketik di situ, macam betul aja, kimbek lah, hihihihi. cabein aja muncungnya si tarmik itu bang riva..

yang gw nggak suka dari buku ini :
judulnya. kayaknya penggunaan kata ‘ngocol’ itu malah bikin ilfil. menurut gw kata ‘ngocol’ dalam perbukuan udah jadi trademarknya hilman hariwijaya di era jaya2nya dia.
ada beberapa yang (dugaan gw) copy paste dari blognya ferdiriva, jadi masih ada salah2 ketiknya.
terus, kok nggak konsisten sih menggunakan kata ganti orang pertama? kadang pake ‘aku’, kadang pake ‘gw’..
pasti karena si bang riva ini orang medan yang terbiasa dengan aku-kau dst dst.

nyeselbelibukuini-o-meter :
0 dari 5
nggak nyesel. tapi nggak ngerasa untung juga. its pretty entertaining for me. lumayanlah buat dipinjem2in dan bikin seneng orang yg dipinjemin. pesan untuk bang riva : u’ve written and shared an entertaining thoughts of yours. kalo misalnya mau dibikin sekuel nya buku ini, jangan maksa kayak ‘penulis lain‘ yah, hehehhe…

ya, sekian review buku kali ini yang dipicu oleh permintaan seorang penulis buku supaya bukunya gw review. (ooh gw masih tersanjung). sori, kalo gw cuman bisa mencerca dan menghina. nanti kalo suatu saat gw bikin buku, tentunya gw ga akan bikin buku yang ada foto gw kayang dalam kostum badut di depan monas. hihihi

pembaca blog ini : kenapa sih re, lu kayaknya anti raditya dika gitu?
gw : siapa yang anti sih? kalian aja yang suka menarik kesimpulan yang salah
pembaca blog ini : bilang aja lu sirik ama dia, karena orang2 bilang dia lucu
gw : (mata beralih dari lawan bicara) enggak kok
pembaca blog ini : iya kan????
gw : (berdalih) kan masih ada blog yang lebih lucu yang bisa dibukuin, misalnya blog sobat gw ini

oke. khusus buat yang request nya udah gw penuhi, di tunggu dong komennya sama dibikinin link di webnya, ya ya ya ya.. hehehehehe. thanks.

makasih makasih makasih

terimakasih buat semua sahabat, teman, kolega, saudara, kenalan, musuh, mantan, saingan, dll yang udah menyempatkan diri menyediakan waktu dan tenaga untuk sekedar memberikan ucapan selamat ulang tahun buat gw kemaren tanggal 11 desember kemaren.

berawal dari seorang temen kuliah yang merasa terlambat berhari2 mengucapkan selamat ulang tahun padahal dia satu jam lebih cepat dari seharusnya, gw membalas beberapa ucapan selamat ulang tahun dengan kata2 “perasaan belom deh”

yah lumayan lah buat ngetes, mereka emang tau tanggalnya, apa sekedar ngucapin karena denger di infotainment gw akan berulang tahun.

inilah reaksi2 yang gw dapatkan

reaksi #1

kolega 1 : happy bday re..

gw : perasaan belom deh

kolega 1:hah? beneran emang baru besok? *mengecek website kepegawaian yg mendisplay siapa2 aja yg ulang tahun hari itu*

reaasi #2

temen1 : happy bday rere

gw : perasaan belom deh

temen1 : haaa…aku salah dong dong dong *tengsin*

reaksi berikutnya lebih menantang..

reaksi#3

kolega2 : happy bday rere

gw : perasaan belom deh

kolega 2 : ga mungkin, di post it yg tertempel sejak lama di monitor gw , tertulis tanggal 11 desember

gw : *terharu sejenak, tapi langsung berdalih*

gw : maksud gw, perasaan lu belom kasih kado deh

ya mungkin segelintir itu aja dulu. pokoknya makasih ya udah sempet2in ngucapin happy bday buat gw. entah bagaimanalah membalasnya. makasih juga yang udah berencana bikin kejutan dengan mesen pizza atas nama gw tanpa sepengetahuan gw (pertanyaan retoriknya, tebak siapa yg disuruh bayar???)

juga buat mereka yg udah bikin planning beliin gw ice cream cake, tapi dengan bodohnya nggak sadar mengajak gw ke tempat pembelian ice cream cake ituh… (berlatih lagi ya)

sekali lagi, makasih ya semuanya.. gw jadi lupa pada sedikit kegalauan yang muncul kemarin..

maaf, foto2 belum diupload