sacred jazz swinginglory

sepulang dari jogja kemaren gw dan temen gw menyempatkan diri (lebih tepatnya merencanakan) untuk nonton Annual Concertnya PSM Unpar.
gw tau ini konser waktu nonton KPS di bandung
(bisa baca di sini)

gw dan beberapa temen gw sangat exited menanti konser ini karena judul konsernya adalah “SwinginGlory”
gw langsung membayangkan choir yg katanya barometer k
emajuan choral musik di indonesia ini membawakan lagu2 sacra dengan gaya swing…
apalagi dengan penjelasan di bawahnya yang makin memacu hormon adrenalin gw dan hormon2 lainnya..
coba aja liat sendiri promo nya di sini

pembaca blog ini : masa sih.. ada gitu ya, cuman baca promo konsernya doang udah memacu adrenalin????
gw : ya nggak juga sih…
pembaca blog ini :terus kalo memacu hormon2 lainnya maksudnya hormon apa?
gw : ya hormon testosteron…
pembaca blog ini : Dasar kamu pria mesuuu..mm!!!
gw : *meronta2 saat dibotakin, lalu ditelanjangi dan diarak keliling kampung*

akhirnya setelah tiba di Umar Ismail Hall (tempat konsernya), gw langsung mendatangi bagian ticketing dan minta 4 tiket reguler (yang VIPnya mahallll) yang udah direservasi si lapet… sedikit bermasalah di bagian tiket karena nama si lapet ga ada di daftar reservasi. setelah memberikan kerlingan manja serta meniup tengkuk dan belakang telinga si mbak bagian ticketing, akhirnya gw dapet tuh tiket..

akhirnya gw masuk dan seneng bgt ketika si gamutal yg jadi usher bilang ‘tiket regular duduk di sana ya…” (sambil menunjuk bagian depan)
tentu saja gw duduk paling depan, bagian tengah, yang menurut estimasi gw persis di belakang punggung sang maestro, Avip Priatna…

konser di bagi dalam dua bagian
bagian pertama adalah misa karya Steve dobrogosz (entah siapa pula itu)
bagian kedua Magnificat karya Ronald Szentpali (ini pun entah siapa pula??)

di bagian pertama konser, nuansa jazz belom begitu kentara, lagu2 dibawakan dalam bahasa latin, dan semuanya begitu asing buat gw. tapi bukan choir bagus namanya kalo nggak bisa buat penontonnya enjoy dengan yang mereka tampilkan.
gw dan temen sebelah gw seperti deg2an di semua lagu, serasa tenggelam dalam suasana lagu, dan begitu lagu selesai, gw dan sebelah gw sama2 bernafas lega…

gw pernah baca di sebuah milis, bahwa musikalitas adalah kemampuan seorang musisi untuk menginterpretasikan musik yang dibawakan sedemikian oke, hingga audiensnya bisa merasakan soul dari musik itu. kalo itu pengertian musikalitas, dalam hal ini gw berpendapat, mereka (sang condutor, para chorister, dan para pemain chamber orchestra) punya musikalitas yang tinggi

pembaca blog ini : (manggut2 setuju walaupun kemungkinan nggak ngerti)
gw : (terdiam sesaat untuk memberikan kesempatan untuk mencerna tulisan gw bagi para pembaca blog ini, lalu berkata lanjuuut….)

babak kedua, suasana lebih jazz. babak kesatu yang diiringi string ensemble dan piano, di babak kedua ditambah dengan iringan saxophone, dan drum. semuanya berkolaborasi dengan choirnya. babak kedua ini juga menampilkan solo sopran dan solo tenor.

gw paling suka lagu quia respexit dan fecit potentiam. kritik gw dan temen2 gw adalah si solo tenor suaranya kurang jernih, dan ada sekali yg keseleo…
menurut gw sih, mungkin si solo tenor itu lagi nggak fit, atau mungkin emang dipilih karakter suara seperti itu untuk menyesuaikan nuansa jazz yang dibawakan.
untuk solo sopran, kritik hanya untuk pilihan wardrobe nya… kok kayak toko mas berjalan ya?

akhirnya konser diakhiri, dan dilanjutkan dengan 2 lagu encore…
yang pertama (setahu gw sih) negro spiritual berjudul still away my soul.
yang kedua gw nggak tau, tapi sepertinya medley dari lagu Do Lord dan Everytime i feel the spirit

rerere

kesimpulan konser ini
Bagoooooooo….s
cuman sayang aja, gw kehabisan dvd
final KPS unpar 2007…… ada yang tau mesennya di mana?

11 thoughts on “sacred jazz swinginglory

  1. ah itu gwa tuh yang lu sebut “temen sebelah gwa”

    asli PSM Unpar n Jakarta Chamber Orchestra keren abis,, simple tapi memukau (caelah),,

    betul-betul musikalitas yang tinggi,,

  2. Si thasya udah kayak Anang dan Titi DJ di Indonesian Idol…
    Ya deh kalian2 yang suka nonton dan jalan… (ngajak2 dong, padahal aku kemungkinan besar nggak bisa, hehehe)

  3. @ marjuki junah : hei salam kenal… itu konsernya paduan suara mahasiswa unpar.
    kemaren katanya nanyain referensi blog yg keren ya? lihat aja di blogroll. yg pegawainegerisexy tuh lucu

  4. Lam kenal juga.
    ooo…Konser itu apaan si?!
    Jangan ditanggapin, gw cuma pura2 lemot aja (aslinya…!?SAMA)
    Kalo PNS bin Syaiful Jamil si udah gw baca, ada yang laen ga?!
    Sebenernya Re…., Bukannya gw mau ngejatohin lo yang udah berbangga hati dapat koment dari NINIT di Review Buku itu,
    sebenernya itu yang nulis GW…,HE.Sori ya!
    Emg ga curiga? Com’on, this is not Real World a.k.a Dunia Maya!
    BTW….Itu juga Boong denk!Cuman emg ga dicek apa yang ngasih komen itu bnr2 NINIT atau yang ngaku2 NINIT.
    Kalo emg bnr!?Great.
    Btw Blog lo Ok+Fresh pas sama karakter.
    Bingung, gw tau dari mana?!(atau…Duli amat!?)
    Ada Deh!

  5. @ marjuki : ninit ato bukan tetep aja gw anggap ninit, biar kesannya keren.. hehehe. konser beyonce? paling nanti juga ada di tivi

    @ daniel : no comment deh bang, hehehe

  6. gw : (manggut2 setuju walaupun kemungkinan nggak ngerti)

    penulis blog ini : (terdiam sesaat untuk memberikan kesempatan untuk mencerna tulisan gw bagi para pembaca blog ini, lalu berkata lanjuuut….)

  7. Yea,lagi2 nonton konser begituan,gw ga bisa
    disini mah adanya konser dangdut (apakah yg itu layak disebut konser??tentu tidak!)
    noh kmrn trio macan br manggung di lapangan batalyon
    tapi gw ga liat kok
    -merusak sense of jazz gw ntar,cuiih-

Leave a Reply

