rerere’s book review

inilah dia review buku2 yang baru aja gw baca sampai dengan akhir september 2007


THE NAKED TRAVELLER (Trinity)

rerere naked traveler
beli buku ini karena baru abis baca buku travellers tale yg penuh dengan bumbu2 travellingnya. kalo travellers tale adalah fiksi dengan bumbu keindahan dunia (btw, top abis ni buku), The Naked Traveller adalah kumpulan pengalaman pribadi si penulis yang dituangkan dalam sebuah blog. buat yang pengen jalan2 tapi belom kesampean, buku ini bisa jadi pelampiasan. semuanya petualangan si trinity keliling dunia diceritakan dengan segar dan santai.


yang paling gw suka dari buku ini : cerita tentang betapa kocak dan lugunya para TKI yang pertama kali naik pesawat untuk pergi ke luar negri yang kebetulan satu pesawat dengan trinity si penulis.


yang gw nggak suka : kok di 3/4 buku nya gw mulai ngantuk ya? apa emang karena bacanya pas lagi ngantuk? a good book supposed to wake me up, bukannya bikin gw ngantuk. tapi semua yg diceritain di sini bener2 keren dan membuka wacana baru, cara pandang baru tentang dunia luar.


nyeselbelibukuini-o-meter :
minus 2 dari 5. sebenernya buku nya bagus dan seru
, cuman gw aja kali yang emang bosenan. kategori buku layak dipajang di lemari dan layak dipinjemin ke temen2 ga modal.

DRACULA (Bram Stoker)

rerere dracula bram stoker


beli buku ini karena penasaran dengan cerita dracula yang melegenda di eropa dan amerika yang pada jamannya bisa bikin orang2 pada takut tidur sendirian, keluar malem, dan juga pada parno ngeliat kelelawar.


pembaca blog ini : “iihhhh, basi banget sih… masa hari gini baca dracula..”
gw : “biarin, lu emang nggak penasaran cerita aslinya?”
pembaca blog ini : “nggak segitunya kali….”
gw : “coba deh lu pada ke toko buku Mragedia, lu cari buku ini, pasti liat covernya yang item, berkesan buku tua dan pinggirnya merah kayak darah, lu pasti bakalan penasaran, seserem apa sih ini buku…”
pembaca blog ini : (terdiam sejenak, lalu berkata🙂 ” jadi bagus nggak bukunya?”
gw : “iya, kalian bener, bukunya BASI !!!!”
pembaca blog ini : (mengikik tertahan karena nggak enak ama gw)

ya, buku ini mungkin bagus di jamannya (sekali lagi di jamannya which is taun duluuu…). buku ini bercerita dengan surat2 dan catatan dari para tokoh2nya. menurut gw nggak relevan aja, si tokoh hampir pingsan karena darahnya di isep dracula dan masih bisa2nya nulis diary.
mungkin analoginya di jaman sekarang, kita lagi disandera seorang psikopat di kursi listrik dengan cambuk2 dan kita masih sempet online dan posting mengenai siksaan yang baru aja kita alami.


nyeselbelibukuini-o-meter:
sejauh ini 2 dari 5
soalnya sampe sekarang bukunya masih separo dibaca, jadi belom ada kesimpulan. gw masih berharap tiba2 sebagian terakhir bukunya menjadi full suspense. sayang selain males bacanya waktu gw juga terbatas. hehehe… soriii
*membuka payung untuk berlindung dari cercaan pembaca blog ini yang sebel lalu meludahi gw dengan jijik*

TEST PACK (Ninit Yunita)


rerere test pack ninit yunita
dua acungan jempol buat ninit yunita. Sumpah ini buku bagus banget!!!!!!!
bercerita tentang pasangan suami istri , tata dan rahmat, yang udah nikah selama 7 tahun, tapi masih belom diberikan anak yang konon menurut tata sang istri adalah sumber kebahagiaan rumah tangga.
buku ini lucu, seger, dan bener2 bikin gw tenggelem di dalamnya (misalnya temen sebelah gw digorok orang saat gw baca buku ini, tetep aja gw lanjut baca..)


yang paling gw suka dari buku ini adalah, selain seger bgt untuk dibaca, buku ini mampu memberikan pesan moral kepada kita2 tanpa kesan menggurui. pesan moralnya apa, ya baca sendiri dong. nanti ga penasaran lagi dong.


yang gw nggak suka dari buku ini adalah: kok baru beli semalem, pagi ini udah tamat dibaca yah? tapi sutralah. kalo kepanjangan ntar ceritanya malah kemana2 kayak sinetron.


nyeselbelibukuini-o-meter :
minus 4 dari 5
artinya gw merasa beruntung dan terberkati karena telah membeli buku ini.

INDONESIAN IDLE (okke sepatumerah)


(belom ada gambarnya heheee, sori)
t
entang perjuangan Diandra, seorang cewek bandung yang hobi banget ganti2 kerjaan, sampai akhirnya dia dipecat dari pekerjaannya yang prestisius dan harus berusaha survive hidup di jakarta.
buku ini sedikit banyak mengajarkan kalo kata2 “everything si gonna be okay” emang ada benernya juga…


what made me bought this book: back cover comment dari Ninit Yunita, yang bilang “my vote goes to okke,baca buku ini susah banget berhenti, bla bla bla….”


yang gw suka dari buku ini, detilnya sangat up to date, sehingga sense of belonging kita terhadap situasi yang diceritain jadi makin kuat.


yang gw nggak suka adalah konfliknya kadang nggak ada tegang2nya. beberapa bagian mestinya diekspos dan beberapa bagian mestinya nggak perlu diekspos. ceritanya juga kurang nendang, terlalu cewek, terlalu banyak bencongnya, dan beberapa alurnya kayak udah ketebak aja (sok bisa nulis bgt kan gw???)


nyeselbelibukuini-o-meter:
3 dari 5

soalnya cepet banget dibaca, kertasnya jelek, ada halaman yang kebalik2, dan merasa tertipu ninit yunita yang menurut gw back cover comment nya di buku ini hanya sekedar pujian toleransi, atau mungkin pujian “sutralah,bilang aja yang bagus2-dari pada nggak ada yg mau beli buku ini”.

BUKAN BINATANG BIASA-RADIKUS MAKAN KAKUS (Raditya Dika)


rerere radikus makankakus
ini buku ketiga dari si kambing jantan, Raditya Dika.
buat yang basi banget belom tau, *sigh, berusaha menjelaskan pada para pembaca*
raditya dika udah membukukan blog2nya dalam 3 buku. yang pertama kambing jantan, yang kedua cinta brontosaurus, dan yang ketiga buku ini, radikus makankakus.


pembaca blog ini : ih kita tau kali raditya dika udah bikin 3 buku…
gw : ya asumsi gw kan kalian nggak gaul, makanya mesti baca blog gw dulu supaya kalian bisa catch up sama sekitar kalian *sambil kembali membuka payung tadi*

buku ini bagus buat kalian belajar menahan kesabaran. Soalnya orang2 bilang buku ini lucu mampus. kalo gw sih, gw mau mampus menahan kesabaran nyari2 di mananya yg lucu.


misalnya, ngapain juga dia pake kostum badut terus naik busway lalu foto dengan pose kayang di depan monas? semua orang juga bisa lakuin hal bodoh standar kayak gitu. cuman nggak semua orang sudi mengorbankan waktunya untuk hal yang cuman selucu itu.


akhirnya ketemu juga satu chapter yang akhirnya lumayan lucu. yaitu ketika si raditya menceritakan temen sekolahnya yang baru pindah dari nusa tenggara (cmiiw) yang dengan polosnya bertanya di kelas pada guru sosiologi “bu, ngent*t itu apa sih?”


mungkin buat kalian yang jaman kecilnya nggak kenal lupus, lupus abg, lupus kecil, lulu, dan olga karya Hilman Hariwijaya akan bilang buku si Raditya Dika ini lucu. menurut gw sih, gaya2 ngocol seperti raditya dika itu udah basi, soalnya udah dieksplor abis sama Hilman Hariwijaya.


nyeselbelibukuini-o-meter:
nggak nyesel, soalnya minjem punya si lapet sih… untung gw nggak beli
tapi kalo gw beli buku ini.. nyeselbelibukuini-o-meter nya 3.75 dari 5

sekian review buku kali ini….
silakan komen, buat yang nggak setuju review di atas, silakan komen juga buat yg setuju sama gw dan mau menambah pujian buat buku2 di atas atau juga cercaan dan makian buat buku2 di atas. sedangkan pujian dan makian untuk gw silakan juga, tapi nanti gw edit, hihihihihi

20 thoughts on “rerere’s book review

  1. komen gue:

    –gue pernah baca buku dracula (bram stoker).. gara2 disuruh ngerjain tugas sama guru LIA gue.. waktu itu gue milihnya buku yg tipisan.. hehehehe dapetnya dracula. Jadi inget filmnya seseorang (yg main naked gun 33 1/3 itul lho.. aduh lupa).. Tapi klo adegan ngejar kereta yg kebayang malah film Van Helsing (dunno why..)… anyway ceritanya si menurut gue lumayan seandainya lo ngebayangin film Dracula (versi bodohnya) n Van Helsing. Asal jangan ngebayangin film vampir cina en tabib pembasmi hantu (hueekkkk)..

    –Bener banget re.. karya2nya si Hilman emg keren bgt! bacaan wajib gue pas esde n esempe

    –pinjem buku test packnya donk re.. ^_^ jd pengen baca.. udah lama ga baca buku2 yg easy reading.

  2. binun mau ngomentari apa??
    tapi dengan berat hati gw mengatakan ini
    “dengan membaca menjauhkan kita dari kebodohan..
    karena kebodohan mendekatkan anda pada kemiskinan”

    membacalah selagi anda bisa membaca..
    ajarilah orang yang ga bisa membaca, supaya mereka juga bisa membaca tulisan2 anda kelak…
    pinjamlah buku teman anda, kalo anda ga punya duit beli buku untuk dibaca…
    membaca lah sebelum tidur, karena itu bakalan buat anda semakin cepat tidur..

    so akhir kata gw mengucapkan…
    selamat ya msb!!!
    ditunggu buku pertama nya yah…(katanya mau nerbitin buku??)

  3. Kalo gw sih lg rajin baca blog2 org lwt GPRS hp gw yg trnyata murah bgt (br tau gw,norak yak.iyalah,di kota kecil begini,trnyata lancar jg GPRSnya,seneng deh ^_^)
    rajin2 update ya re..
    Oiya.cant wait 2 c u @ jogja!

  4. btw re… ninit ga baca komen rere yg ttg Indonesian Idle (okke sepatumerah yah..

    —-> dan merasa tertipu ninit yunita yang menurut gw back cover comment nya di buku ini hanya sekedar pujian toleransi, atau mungkin pujian sutralah-bilang-aja-yang-bagus2-daripada-nggak-ada-yg-mau-beli

    hihihihihihi.. ( ga sempet liat atw… —>dalam hati jengkel liat komen rere yg pedes tp karena ninit jg jaga image jadinya sengaja kasih komen yg baik2 daripada klo komennya berupa protes ntar bukunya ga dibeli orng lg) =p

  5. rere, gw temennya irrr niy😀 gw dipaksa2 suruh kasi komen, padahal gw cuma baca2 blog lu & seluruh postingan blog FS lu, hehehe…

    Hilman yaaa? Gw paling suka Vanya (suka berasa diri sendiri soale :D). Klo dari buku2 yg elu udah review, gw blom baca satupun… Yup, gw lah si basi yang kau sangkakan itu… *biarmembleygpentingnarsis.co.id*

  6. wak2.. gw nyasar ksini dari blognya mbak ninit… hahaha. yg gw gak tau.. trnyata bnyk juga orang yg blg bukunya raditya yg ketiga itu emang agak2 kurang greget. termasuk anda. Gw jg sempet, ngereview di blog gw ttg bukunya radith. hahaha.. memang, klo baca lupus, bnyk gaya bahasa si hilman yg dieksplorasi ulang di bukunya radith. I’m aware of it. but he is still a most outrageus writer, moga aja buku ke-4 nya radith bisa keren lagi. * btw, gw beli buku ke-3nya radit* dan emang sdikit nyesel enggak pinjem aja.. hahaha.. great opinion btw.

    -uun-

  7. nih deh gwa komen beneran:
    Buku ke-1,2 dan 4 gw belom baca,,
    Test Pack-Ninit Yunita,, gwa punya dan gwa suka,, dan seperti yang lu bilang, emang cepet bgt abisnya,,
    buku si Raditya itu gwa ngintip sedikit di Gramedia,, dan gwa bosan bacanya,,

    pinjem dong yang buku ke-1, The Naked Traveller..

  8. Pingback: rerere’s book review- based on a writer’s request « rerere

  9. Pingback: rembrandtninoff » Blog Archive » my book review

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s